Tapak Tilas X Kolega Museum, Cakra Dewantara dan Komunitas Malam Museum Jelajahi Bhumi Tamansiswa

beritabernas.com –Cakra Dewantara berkolaborasi dengan Komunitas Malam Museum melakukan tapak tilas Ki Hadjar Dewantara dengan menjelajahi Bhumi Tamansiswa. Kegiatan ini merupakan rangkaian event tahunan Pekan Dewantara 2023.

Menurut Endah Mutia, Humas Event Pekan Dewantara 2023, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Sabtu 18 November 2023, para peserta berjalan kaki menyusuri tapak tilas kehidupan Ki Hadjar Dewantara dari lahir sampai wafat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 11 November 2023 lalu yang diikuti 35 peserta dari berbagai lintas usia. 

BACA JUGA:

Kegiatan yang bertepatan dengan bulan pahlawan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan dalam membela Tanah Air khususnya perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. 

Penyelenggaraan kegiatan ini sebagai bentuk promosi dan meningkatkan kembali kesadaran masyarakat terhadap kehadiran Museum Dewantara Kirti Griya yang dapat digunakan sebagai wadah edukasi. 

Kegiatan Tapak Tilas dimulai dari halaman Pendopo Tamansiswa berjalan menuju Puro Pakualaman, Taman Wijaya Brata untuk nyekar dan doa bersama, lalu kembali ke kompleks Tamansiswa dilanjutkan berkeliling di Museum Dewantara Kirti Griya. 

Peserta nyekar dan doa bersama di Makam Taman Wijayabrata Celeban. Foto: Panitia

Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh satu pemandu jelajah untuk menjelaskan sejarah kaitan dengan Ki Hajar Dewantara di spot-spot yang dilewati. 

Sebagai selingan, di setiap pemberhentian ada fun games dan misi penugasan yang harus diselesaikan oleh para peserta. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi kelompok dan pembagian hadiah bagi para pemenang tiap kategori lalu dilanjutkan penutupan kegiatan jelajah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *