Mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan FBE UII Ikuti Kuliah Umum tentang Transformasi Digital

beritabernas.com – Mahasiswa Program Studi (Prodi)Akuntansi Perpajakan FBE UII mengikuti kuliah umum dengan tema Unlocking Odoo Opportunities in The Digital Transformation Era di Ruang Teatrikal Lantai 1 Gedung Kuliah Umum (GKU) Dr Sardjito Kampus Terpadu UII, Kamis 28 Pebruari 2024.

Dalam kuliah umum yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si. MSi ini menjelaskan mengenai tantangan transformasi digital saat ini dan sekilas tentang aplikasi Odoo, kisah keberhasilan Odoo di Indonesia, peluang karier dan manfaat memiliki sertifikasi Odoo.

Bersamaan dengan Kuliah Umum Internasional Program Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan UII ini juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementasi Aktivitas (IA) antara UII dengan Odoo APAC.

Dalam MoU tersebut meliputi kegiatan kerja sama dalam hal implementasi aplikasi Odoo pada kurikulum pembelajaran sistem ERP, Kuliah Pakar Internasional, Sertifikasi bagi Mahasiswa dan Magang Industri bagi Mahasiswa.

Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si. MSi dan Direktur Odoo Indonesia (secara daring) menunjukkan dokumen MoU. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si. MSi mengatakan, kegiatan kolaborasi antara lembaga pendidikan dengan dunia industri menjadi suatu kebutuhan yang sangat vital, apalagi bagi program studi vokasi. Karena setelah mengikuti pendidikan sekitar 4 tahun harapannya keterampilan-ketrampilan yang berkaitan dengan bidang keilmuan bisa dikuasai dengan baik.

Tentu saja bukan hanya prodi bidang vokasi, dalam bidang ilmu yang lain pun perlu kolaborasi dengan dunia industri. Apalagi saat ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) itu juga dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk siap terjun ke masyarakat, baik di tengah masyarakat secara umum maupun di dunia kerja atau dunia industri.

“Odoo menjadi alternatif untuk memudahkan mahasiswa menerapkan ilmu yang diperoleh,” kata Prof Jaka Nugraha.

BACA JUGA:

Sementara Selfira Salsabilla SE M.Ak Ak CA, Dosen Mata Kuliah ERP Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan FBE UII, mengatakan, siring dengan kemajuan teknologi informasi yang terus meningkat, setiap perusahaan bersaing untuk menonjolkan keunggulan dalam menjalankan proses bisnis berbasis teknologi. Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan proses bisnis yang efektif dan efisien adalah dengan pemanfaatan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP).

Menurut Selfira, ERP merupakan suatu sistem teknologi yang terintegrasi, yang menggabungkan setiap divisi di dalam suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing divisi yang terkoneksi satu sama lain, sehingga dapat menjamin perolehan informasi yang tepat dan akurat.

Sementara itu, Odoo merupakan salah satu aplikasi open source ERP yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan proses integrasi fungsi-fungsi yang ada di dalam perusahaan. Kelebihan Odoo terletak pada kemampuannya untuk beradaptasi dan tampilan fitur yang mudah dipahami, membedakannya dari produk ERP lainnya.

Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si. MSi. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Karena karakteristik ini, Odoo sangat diminati oleh berbagai perusahaan besar, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 5.000.000 perusahaan di seluruh dunia,” kata Selfira.

Dikatakan, kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan teknologi informasi seperti ERP juga semakin meningkat. Oleh karenanya, penting bagi mahasiswa program studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan memiliki pengetahuan terkait proses bisnis berbasis ERP.

Kuliah Umum Internasional Odoo kali ini dihadiri Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII, Pengelola Jurusan Akuntansi FBE UII, Pengelola Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan FBE UII, Odoo APAC, Odoo Jakarta, Global Prima Utama, dosen dan tenaga kependidikan Prodi Akuntansi Perpajakan serta mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan FBE UII. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *