Menyongsong Satu Abad WKRI

beritabernas.com – Tahun 2024 ini organisasi kemasyarakata (Ormas) Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) genap berusia 100 tahun atau satu abad. Organisasi kemasyarakatan (Ormas) perempuan Katolik ini terdaftar dalamlembar negara pada tahun 1952.

Peran WKRI yang turut menginisiasi kongres perempuan pertama pada 22 Desember tahun 1928 diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan penghargaan yang diberikan lewat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 22 Desember 2001 sebagai organisasi perempuan yang terlibat dalam kongres perempuan pertama pada 22 sampai 25 Desember 1928 dan hingga saat ini masih berperan dalam memajukan kesejahteraan perempuan Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri RI juga mengakui Wanita Katolik Republik Indonesia sebagai ormas yang turut merawat keberagaman di NKRI dengan memberikan penghargaan sebagai peraih penghargaan ormas bidang kategori khusus bakti sepanjang hidup (long live achievement) pada 6 November 2018.

BACA JUGA:

Sejak awal diproklamirkan pada 26 Juni 1924 tepat 100 tahun lalu, Wanita Katolik Republik Indonesia bertekad memegang teguh misinya untuk menghormati dan mengangkat harkat dan martabat manusia, khususnya perempuan dan anak, dengan memperhatikan kesejahteraan hidup yang pada waktu itu buruh perempuan pabrik rokok atau cerutu menjadi perhatian utama.

Dalam perkembangan zaman WKRI tetap konsisten memegang teguh misi tersebut sambil terus menjamin keberagaman di dalam NKRI, memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Kami percaya bahwa pasal 33 ayat 3 dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat perlu dipertahankan dan sungguh-sungguh dipantau pelaksanaannya sehingga kesejahteraan sosial yang berkeadilan dapat terwujud di NKRI,” kata Ketua Presidium Pengurus Pusat WKRI Elly Kusumawati Handoko dalam pernyataan sikap tertanggal 8 Juni 2024.

Elly berharap semoga Allah yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kebijaksanaan dan menjaga ketulusan hari hati semua dalam mengolah dan mengelola manfaat alam yang telah Allah berikan kepada manusia dengan tujuan sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat banyak. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *