Museum Punya Peran Lebih Besar, Ketua Umum Barahmus DIY: Perlu Dikelola Sesuai Standar

beritabernas.com – Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd mengatakan, museum tidak sekadar melindungi dan merawat untuk kemudian memamerkan koleksi, namun memiliki peran yang  lebih besar. Karena itu, perlu dikelola sesuai standar dengan manajemen modern.

Dalam sarasehan HUT ke-52 Barahmus DIY di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Selasa 8 Agustus 2023 yang mengangkat tema tentang Standardisasi Museum, Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo mengatakan, peran museum sebagai pelestari dan sumber informasi sejarah dan budaya bangsa serta tempat tujuan penelitian, pendidikan dan kesenangan bagi masyarakat, dituntut untuk memberikan citra yang baik.

Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo (kanan). Foto: Dok Barahmus DIY

Karena itu, menurut Ketua Umum Barahmus DIY, dalam menyelenggarakan kegiatan, museum-museum di DIY harus memenuhi standardisasi sesuai PP 66 tahun 2015.

“Mari kita bersama-sama membenahi dan menyelenggarakan tata kelola museum dengan manajemen modern, meningkatkan kualitas SDM museum (kurator, konservator, register, edukator, humas/marketing) serta melakukan penataan lingkungan museum yang nyaman, sehat, aman dan bersih,” kata Ki Bambang Widodo.

Ia berharap sarasehan yang menampilkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya ini dapat menambah wawasan dan pencerahan peserta.

BACA JUGA:

Ketua Umum Barahmus DIY pun mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama Direktorat PTLK Kemendikbudristek RI dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang telah memfasilitasi penyelenggaraan sarasehan tersebut.

Ia juga secara khusus mengucapkan selamat atas purna tugas dan ulang tahun ke-58 serta terima kasih kepada Drs Suharja, Kepala Sub Koordinator UPT Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, yang telah banyak membantu, memfasilitasi ATK dan rapat-rapat Pengurus Barahmus DIY masa bakti 2018-2023. 

Ketua Panitia HUT ke-58 Barahmus DIY Nanang Dwinarto menyampaikan laporan. Dok Barahmus DIY

Menurut Ki Bambang Widodo, pada 29-31Agustus 2023 Barahmus DIY aka menggelar Musda V yang difasilitasi Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) DIY.

Sarasehan kali ini antara lain dihadiri Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek RI yang diwakili Dr Siswanto MA (Pamong Utama Budaya), Ketua Umum Barahmus DIY 2006-2014 sebagai nara sumber sarasehan KRT Thomas Haryonagoro, Kadisbud DIY Kadisbud Kab/Kota se-DIY, para Dewan Penasehat/Pengawas/Pengurus Barahmus DIY, para Ketua Forum Komunikasi Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta dan Kepala Museum Anggota Barahmus se-DIY serta para tamu undangan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *