OMK Rayon Kota Kevikepan Yogyakarta Timur Membersihkan Sampah dan Menebar Benih Ikan

beritabernas.com – Untuk mengisi acara Indonesia Youth Day 2023, OMK Rayon Kota Kevikepan Yogyakarta Timur melakukan kegiatan membersihkan sampah dan menebar benih ikan di Sungai Pelang di Dusun Sengkan, padukuhan Joho, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu 4 Juni 2023.

Kegiatan ini dilakukan OMK Rayon Kota Kevikepan Yogyakarta Timur sebagai salah satu rangkaian acara untuk mengisi Indonesia Youth Day 2023 di Kevikepan Yogyakarta Timur.

Waskhita Sandhy Pramudya, Ketua Pelaksana Pembersihan Sungai Pelang, dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Senin 5 Juni 2023, mengungkapkan, salah satu kegiatan yang dipilih untuk Indonesia Youth Day 2023 adalah pengabdian untuk alam, yaitu pembersihan sungai. Kegiatan ini diikuti perwakilan OMK dari 8 paroki rayon kota, OMK Paroki Banteng dan warga sekitar sungai Pelang.

Sementara Ketua 2 Kirab Salib IYD Kevikepan Yogyakarta Timur Rayon Kota Sisilia Yuditasari mengatakan anggota OMK paroki rayon kota sudah membuat acara yang berbeda untuk saling merekatkan OMK antar paroki. 

OMK Rayon Kota Kevikepan Yogyakarta Timur foto bersama di sela kegiatan membersihkan Sungai Pelang, Minggu 4 Juni 2023. Foto: OMK

Sementara itu, Maria Magdalenan Suyatini, Tim Pewartaan Paroki Banteng menyambut baik kegiatan pembersihan sungai Pelang di pedukuhan Joho. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dan umat di wilayah Santo Don Bosco Sengkan Paroki Keluarga Kudus Banteng mendukung kegiatan pembersihan sungai.

Eny Yuliani SE MSi, Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman memberikan apresiasi kepada OMK Kevikepan Yogyakarta Timur, dan mendukung kegiatan yang positif untuk terjun langsung dalam pelestarian sungai.

BACA JUGA:

“Sungai adalah sumber air yang harus dijaga kebersihannya, harus produktif untuk kemanfaatan kita semua sebagai mahluk hidup. Pada tahun 2023 Dinas Lingkungan Hidup mempunyai program kali bersih di 34 titik di sungai-sungai yang ada di kabupaten Sleman, dimulai pertengahan Mei sampai dengan September,” kata Eny Yuliani  

Eny Yuliani berrharap kegiatan pembersihan sungai  bukan hanya saat ini saja, namun dapat berkelanjutan, karena kualitas sungai agak menurun tercemar bakteri E-Coli, salah satunya dari pembuangan sampah.  

Retnaningsih, Dukuh Joho yang membawahi wilayah Dusun Sengkan RT 06 RW 59, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian OMK terhadap kelestarian lingkungan. Menurut Retnaningsih, jalur panjang Sungai Pelang di Dukuh Joho sekitar 2 km, komunitas kali bersih sungai Pelang yang ada di dukuh Joho sudah berjalan sejak tahun 2015. 

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Eny Yuliani SE MSi (tengah). Foto: OMK

Diakui Retnaningsih, dulu kondisi Sungai Pelang memprihatinkan sekali, banyak sampah. Namun, setelah ada kegiatan komunitas Kali Pelang, sungai sudah terkelola dan mulai diperhatikan.

“Pembangunan yang pesat mengabaikan jalan ke sungai, kebanyakan bangunan membelakangi sungai. Tahun 2015 dimulai edukasi untuk menerapkan anjuran dari Sultan untuk mundur munggah madep kali. Saya mengucapkan terima kasih kepada OMK yang peduli terhadap lingkungan dan semoga kegiatan ini bisa diteruskan,” kata Retnaningsih.

Ketua RW 59 Sengkan Fransiskus Asisi Triwusono SPd mengapresiasi kegiatan IYD rayon kota membersihkan Sungai Pelang yang ada wilayah RW 59. “Air adalah sumber kehidupan, jika tercemar maka kehidupan tidak sehat. D,ngan sungai dibersihkan air menjadi jernih, bersih dan mahluk yang hidup di sungai pelang berkembang dengan baik,” kata Fransiskus Asisi Triwusono.

Kegiatan yang dilakukan pada hari Minggu 4 Juni 2023, selain membersihkan sungai juga melakukan penebaran benih ikan sebanyak 4 kantong. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *