Pemilik SRC Membagi Kiat Sukses Usaha dalam Lokakarya UMKM MLKI Sleman

beritabernas.com – Pemilik SRC Witono membagi kiat-kiat sukses dalam usaha. Kiat-kita tersebut merupakan pengalamannya sejak awal merintis usaha dengan jualan plastik keliling di Pasar Gamping tahun 1999 hingga sekarang usahanya berkembang dan sukses.

Kiat-kiat usaha itu disampaikan Witono dalam Lokakarya UMKM MLKI Sleman di Rumah Hardjo Soedarjono Jalan Letkol Subadri Ngangkrik Kidul, Kalurahan Triharjo, Sleman, Sabtu 9 September 2023. Lokakarya diselenggarakan oleh Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuah Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat serta Majelis Luhur Keprcayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia Kabupaten Sleman.

Menurut Witono yang kini memiliki beberapa toko modern dengan nama Indo Mekar ini, sukses tidak bisa diraih secara instan. “Sukses hanya bisa diraih oleh mereka yang fokus dan kuat,” tegas Witono di depan pelaku UMKM peserta lokakarya.

Pseerta lokakarya UMKM menyimaka materi yang disampaikan narasumber. Foto: Istimewa

Dikatakan, fokus pada tujuan daripada mendengar komentar orang lain, tidak benci pada pencapaian orang lain, berani menerima tantangan, mau menerima perubahan dan tidak mengasihani diri dengan menyalahkan keadaan. “Karena nasib kita ditentukan oleh diri kita sendiri dengan seizin Tuhan,” kata Witono,

Menurut Witono, kunci sukses dalam wirausaha adalah adanya pengetahuan tentang kewirausahaan, memiliki komitmen dan kapasitas diri, berani mengambil tindakan, memiliki kesabaran dan kegigihan.

Witono juga mengungkapkan bahwa seorang wirausahawan harus memiliki motivasi yakni dorongan yang timbul pada diri seseorang baik dari dalam maupun dari luar untuk melakukan sesuatu.

Pelaku UMKM melakukan pendaftaran sebagai peserta lokakarya. Foto: Istimewa

Dengan kiat-kiat dan motivasi yang dimiliki itu, Witono yang awalnya hanya berjualan plastik kelling di pasar, kini usahanya berkembang pesat. Dari jualan keliling plastik tahun 1999, kemudian tahun 2000 membuka Kios Sempulur di Pasar Gamping. Kemudian tahun 2005 dan tahun 2010 membuka Toko Mekar Jaya (tradisional) kemudian tahun 2015 membuka Toko Mekar Jaya (modern) dan tahun 2019 membuka Dea Sembako dan tahun 2020 membuka Soto Presiden. Kemudian tahun 2021 membuka minimarket dengan nama Indo Mekar Tempel, tahun 2022 membuka Indomekar Purbaya dan tahun 2023 ini membuka Indomekar Kepitu.

Peserta lokakarya UMKM melakukan registrasi. Foto: Istimewa

Menurut Ketua Panitia Lokakarya Agus Susilo S.Fils, lokakarya penguatan ekonomi penghayat Kabupaten Sleman ini dimaksudkan untuk mengembangkan semangat kewirausahaan dan meningkatkan kualitas wirausaha. Selain menghadirkan Witono sebagai narasumber, lokakaya yang diikuti ratusan pelaku UMKM itu juga menghadirkan narasumber dari Dinas Koiperasi dan UKM Sleman, BankBPD DIY, Ika urnia Yuliati S.Sos MPd dari Kagama DIY dan Drs Bambang Eko Prihanto MM, seorang pengusaha dari Penghayat Kepercayaan. Lokakarya dipandu moderator M Hardjo Soedarjono SH MKn. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *