Penyelenggaraan Munas VI Bukti DPP AMI Terus Menggeliat dan Bergerak Dinamis

beritabernas.com – Penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Museum Indonesia (AMI) di Gedung Pansus C DPR RI Jakarta, Kamis 12 Oktober 2023, merupakan bukti bahwa DPP AMI tetap berdetak, menggeliat dan bergerak dinamis.

Selain itu, Munas VI DPP AMI yang juga sebagai rangkaian acara peringatan Hari Museum Indonesia (Harmusindo) ke-8 ini untuk memperbarui visi, misi dana  program kegiatan guna memperkuat langkah bersama dalam memajukan permuseuman di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum AMI Putu Supadma Rudana MBA dalam sambutan pembukaan Munas VI DPP AMI di Gedung Pansus C DPR RI Jakarta, Kamis 12 Oktober 2023.

Putu Supadma Rudana MBA pun berharap ke depan pemerintah pusat/daerah maupun instansi dan lembaga terkait dapat memberikan perhatian yang optimal bagi pengembangan museum di seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar peran museum sebagai lembaga yang bertugas dalam pembinaan dan pengembangan sejarah budaya dapat dimaksimalkan dan dimanfaatkan seluas-luasnya.

Peserta Munas VI DPP AMI foto bersama Pengurus DPP AMI. Foto: Istimewa

“Saya percaya pada kepengurusan DPP AMI selanjutnya terus akan mengawal UU Permuseuman yang sejak lama kita kawal hingga masuk dalam Prolegnas. Sehingga kita sebagai insan permuseuman akan memiliki payung hukum yang lebih solid ke depannya” tegas Putu Supadma Rudana yang juga Anggota DPR/MPR RI dan Wakil Ketua BKSAP DPR RI.

Sementara R Bambang Widodo SPd MPd, Ketua I AMI periode 2019-2023, mengatakan, Munas VI DPP AMI yang dihadiri 16 dari 19 AMIDA se-Indonesia antara lain menghasilkan beberapa keputusan.

Pertama, secara aklamasi memilih dan menetapkan kembali Putu Supadma Rudana MBA menjadi Ketua Umum AMI Masa bakti 2023-2028. 

BACA JUGA:

Kedua, memberikan mandat kepada  Ketua Umum terpilih bersama 6 orang formatur dari perwakilan AMIDA Ki Hajar Pamadi (Barahmus DIY), Yiyok Trio Herlambang (DKI Jakarta Paramita Jaya), Noviyanty (Sumatera Barat), Puji Joharnoto (Jawa Tengah), Dwi Cahyono (Jawa Timur) dan Neo Nahak (Nusa Tenggara Timur) untuk menyusun dan mengumumkan DPP Asosiasi Museum Indonesia Masa bakti 2023-2028 dengan batas waktu selambat-lambatnya 1 bulan setelah Munas VI AMI.

Ketiga, menetapkan AMIDA Jawa Timur sebagai tuan rumah puncak acara peringatan Harmusindo ke-9 tahun 2024. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *