Prof Winahyu Erwiningsih, Guru Besar ke-40 UII

beritabernas.com – Prof Dr Winahyu Erwiningsih SH M.Hum Not, Dosen Fakultas Hukum UII, menjadi dosen dengan gelar akademik Profesor atau Guru Besar ke-40 UII dan Guru Besar/Profesor ke-13 di FH UII.

Prof Dr Winahyu Erwiningsih SH M.Hum Not resmi menyandang gelar profesor dalam bilang Ilmu Hukum dan Agraria berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 66873/M/07/2023. Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Plt Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof drh Aris Junaidi PhD kepada Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD untuk kemudian diserahkan kepada Winahyu Erwiningsih.

BACA JUGA:

Menurut Ike Agustina S.Psi M.Psi Psikolog, Direktur Sumber Daya Manusia/Sekolah KepemimpinanUniversitas Islam Indonesia, Winahyu Erwiningsih yang lahir di Wonosari, Gunung Kidul pada 9 Januari 1960 merupakan dosen tetap pada Program Studi Hukum Program Sarjana, Fakultas Hukum UII sejak 1 Oktober 1986.

Saat ini UII memiliki 262 (256 NIDN dan 6 NIDK) dosen berpendidikan doktor. Selain itu, sebanyak 183 (67 Lektor Kepala dan 116 Lektor) di antaranya telah memiliki jabatan akademik Lektor atau Lektor Kepala dari total 790 orang dosen (262 doktor dan 1 Spesialis-2, 42 Spesialis-1, 485 magister/sederajat). Mereka tidak lama lagi akan menjadi Guru Besar /Profesor.

Prof Dr Winahyu Erwiningsih SH M.Hum Not (kanan) menerima SK Profesor dari Rektor UII Prof Fathul Wahid disaksikan oleh Kepala LLDikti Prof Aris Junaidi (kiri). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid, prosentasi dosen bergelar Profesor/Guru Besar di UII mencapai 5 persen dari total 790 dosen tetap UII. Prosentasi Guru Besar di UII hampir dua kali lipat dari prosentasi rata-rata Guru Besar tingkat nasional yakni 2,61 persen.

Sementara menurut Plt Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Aris Junaidi, Prof Winahyu Erwiningsih merupakan dosen yang ke-60 di LLDikti Wilayah V DIY yang menerima SK Profesor selama tahun 2023. SK Guru Besar Winahyu Erwiningsih tertanggal 1 November 2023.

Winahyu Erwiningsih menyelesaikan gelar Doktor dalam bidang ilmu Hukum di UII tahun 2009, menyelesaikan program Magister dalam bidang ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran tahun 1995 dalam bidang ilmu Humaniora dan memperoleh gelar Sarjana dari UII dalam bidang ilmu Hukum tahun 1985. Ia juga menyelesaikan Sertifikasi Profesi Program Spesialis Notariat di UGM tahun 1996.

Dalam beberapa tahun terakhir, iaaktif dalam melakukan berbagai penelitian dan menerbitkan beberapa karya berupa buku. Di antara buku yang telah diterbitkan adalah Buku Akta Pejabat Pembuat Akta Tanah Kajian Komprehensif dan Tuntunan Penyusunannya (2023), Buku Politik Hukum Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Bagi Kepentingan Umum (2022), Buku Pelaksanaan Pemenuhan Hak Untuk Bertempat Tinggal yang Adil Bagi Warga Miskin (2021), Buku Hukum Agraria Dasar Dasar Penerapannya di Bidang Pertanahan (2019). (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *