Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK Bersihkan Sampah di Pantai Baros

beritabernas.com – Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2023 di Pantai Baros Kabupaten Bantul, Kamis 8 Juni 2023.

Acara yang melibatkan DLHK Provinsi DIY, DLH Kabupaten/Kota se-DIY, UPT KLHK di DIY, Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru DIY ini diikuti kurang lebih 100 orang dari instansi tersebut. Rangkaian kegiatan dimulai dengan apel pagi dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri LHK dalam peringatan HLH 2023, kemudian dilakukan aksi penanaman 200 pohon bibit mangrove dan kegiatan bersih pantai (Coastal Clean Up) di sepanjang pantai Baros.

Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru DIY ikut memungut sampah di Pantai Baros, Kamis 8 Juni 2023. Foto: Yustinus

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK Dr Abdul Muin dalam siaran pers yang dikirim kepada beritabernas.com, Kamis 8 Juni 2023, bibit mangrove yang ditanam berasal dari Kelompok Pemuda-Pemudi Baros (KP2B) yang menjadi komunitas binaan KLHK dalam budidaya bibit mangrove dan rehabilitasi Kawasan mangrove Baros.

BACA JUGA:

“Penanaman mangrove diharapkan dapat meningkatkan fungsi ekosistem mangrove untuk menyerap polusi dan sampah yang terbawa aliran sungai sehingga dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke perairan selatan Jawa,” kata Dr Abdul Muin.

Sementara kegiatan bersih pantai (Coastal Clean Up) dilakukan di sepanjang pantai Baros dengan mengumpulkan sampah plastik, logam, kaca serta sampah yang masih memiliki nilai ekonomi. Hal ini dikaitkan dengan kebijakan Pemerintah DIY dan Kabupaten Bantul untuk mengurangi timbulan sampah  yang masuk ke TPA Piyungan.

Selanjutnya sampah hasil CCU akan ditimbang dan disampaikan ke TPS3R terdekat atau pengepul, sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi sampah tersebut. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dan menyelesaikan penanganan sampah sedekat mungkin dari sumbernya.

Kurangi polusi sampah

Menurut Dr Abdul Muin, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 mengangkat tema Kurangi Polusi Sampah Plastik untuk Bumi yang Lebih Hijau. Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK Dr Abdul Muin (tengah) ikut menanam mangrove di Pantai Baros. Foto: Yustinus

Setiap tahun, HLH dirayakan dengan tema yang berbeda-beda dan pada tahun 2023 ini mengusung tema Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Polusi sampah plastik menjadi permasalahan yang cukup pelik, terutama pergerakan sampah dari daratan yang terbawa aliran sungai dan bermuara ke pesisir dan laut. World Economic Forum (WEF) mengatakan, ada sekitar 150 juta ton sampah plastik berada di perairan dunia dengan pertumbuhan mencapai 8 juta ton per tahun.

Sementara International Coastal Cleanup (ICC) merilis, pada 2019 sebanyak 97.457.984 jenis sampah dengan berat total 10.584.041 kilogram ditemukan di laut. Sembilan dari 10 jenis sampah terbanyak yang mereka temukan berasal dari bahan plastik, seperti sedotan dan pengaduk, alat makan plastik, botol minum plastik, gelas plastik dan kantong. Polusi sampah plastik ini mengancam ekosistem dan biota laut yang berada di dalamnya.

Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK peringati HLH 2023 di Pantai Baros, 8 Juni 2023. Foto: Yustinus

Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2023 di tingkat pusat diselenggarakan dengan pokok-pokok kegiatan: Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023, pameran, Workshop Circular Economy, Workshop Hukum Lingkungan dan Kehutanan, Lomba Bersepeda di IKN dan Lomba Penulisan Karya Tulis GLI. Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023 tingkat pusat akan dilaksanakan pada Hari Sabtu – Minggu,10-11 Juni 2023 dengan pokok kegiatan Bersepeda Road to IKN, Bersih Pantai, Penanaman Mangrove dan Launching Program Rehabilitasi Mangrove di Provinsi Kalimantan Timur.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023 kali ini diselenggarakan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa KLHK, menindaklanjuti himbauan Sekretaris Jenderal KLHK kepada seluruh Koordinator UPT KLH pada tiap provinsi untuk turut menyelenggarakan kegiatan peringatan HLH 2023. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *