Resmi Ditutup, Pekan Dewantara 2023 Berlangsung Sukses

beritabernas.com – Event Pekan Dewantara 2023 berlangsung sukses. Hal ini ditandai dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan dengan tema Jelajah Bhumi Tamansiswa: Merangkul Batas-Batas, Membangun Inklusivitas yang berlangsung sejak 28 Oktober hingga 25 November 2023 itu.

Menurut Endah Mutia, Humas Pekan Dewantara 2023, acara penutupan dilaksanakan di Pendopo Tamansiswa pada 25 November 2023 ini dihadiri anggota Komunitas Cakra Dewantara beserta para tamu undangan. Pada acara penutupan, juga diserahkan lukisan karya Dyan Anggraini Rais berjudul Among kepada Ki Gandung Ngadino, Ketua Pengurus Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Pada kesempatan itu, Ki Gandung Ngadino mengapresiasi Pekan Dewantara 2023. Ia memuji kegiatan Jelajah Bhumi Tamansiswa yang luar biasa karena dapat menambah kebanggaan seluruh pengurus maupun personali Tamansiswa karena mendapat dukungan dari anggota Komunitas Cakra Dewantara maupun yang terlibat dalam kegiatan ini untuk mempertahankan ajaran Ki Hajar Dewantara. Ki Gandung mengatakan bahwa hanya dengan ilmu kita semua akan menjadi mulia.

Pelukis Dyan Anggraini Rais (kiri) menyampaikan sambutan pada acara penyerahan lukisan karyanya berjudul Among kepada Ki Gandung Ngadino. Foto: Istimewa

Pelukis Dyan Anggraini Rais yang menyerahkan lukisan berjudul Among kepada Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa meminta lukisan itu dipamerkan di Museum Dewantara Kirti Griya. Ia berharap lukisan itu bisa dilihat dan diresapi maknanya oleh seluruh masyarakat sehingga menjadi pengingat bagi siapa pun tentang nilai-nilai yang dimiliki Tamansiswa maupun pemikiran dan konsep pendidikan yang diajarkan Ki Hajar Dewantara.

Acara penutupan yang khusus dihadiri anggota internal Komunitas Cakra Dewantara dan yang terlibat dalam kegiatan tahunan tersebut bertujuan untuk perenungan dan kilas balik serangkaian program even Pekan Dewantara yang telah terlaksana.

Pekan Dewantara 2023 telah menghadirkan program terkait isu inklusivitas dengan adanya kegiatan Banyu Segara bekerja sama dengan Indorelawan bertema peacebuilding dan inklusivitas pada 28 Oktober 2023. Kegiatan ini menghadirkan Irwan Dwi Kustanto, seniman tunanetra, Sri Rejeki Ekasasi sebagai salah satu komite disabilitas Kota Yogyakarta dan Cak Lis selaku Pendiri Lab Sariswara Tamansiswa sebagai narasumber.

BACA JUGA:

Sementara untuk mengasah dan mendukung kemampuan menulis masyarakat, pada 4 November lalu Pekan Dewantara 2023 mengadakan Dewantara Menulis yaitu pelatihan menulis yang menghadirkan Hamam Izzudin, reporter Mojok sebagai narasumber. Selainitu, menggelar Nyerat: Nyeritakake Tamansiswa yaitu lomba menulis esai nasional sebagai program lanjutan pada 12-22 november 2023.

Selain itu kegiatan Tapak Tilas X Kolega Museum, Cakra Dewantara yang berkolaborasi dengan Komunitas Malam Museum sukses terselenggara pada 11 November 2023. Melalui kegiatan ini peserta diajak untuk menjelajah tempat-tempat bersejarah serta mengenang kembali peristiwa perjalanan semasa hidup Ki Hadjar Dewantara. Dengan berjalan kaki peserta mengawali perjalanan dari Pendopo Tamansiswa-Puro Pakualaman-Taman Wijayabrata kemudian kembali dan berkeliling di Museum Dewanatara Kirti Griya.

Dengan rangkaian program yang telah terselenggara, even Pekan Dewantara 2023 telah menjadi program untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengenal Ki Hajar Dewantara lebih lanjut serta membangun inklusivitas disetiap lapisan masyarakat agar tidak mendiskriminasi sesamanya sebab memiliki keterbatasan. Juga sebagai ajang promosi Museum Dewantara Kirti Griya yang dapat digunakan sebagai wadah edukasi masyarakat.

Ki Gandung Ngadino (duduk) menerima lukisan karya lukisan karya Dyan Anggraini Rais. Foto: Istimewa

Berlangsungnya even Pekan Dewantara tahun 2023 berjalan lancar tentu karena mendapatkan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Indorelawan, Lembaga Pengembangan UST, Pemerintah Kelurahan Wirogunan, Neutron Yogyakarta dan Waroeng Spesial Sambal ‘SS’. Media partner dari saluran televisi diantaranya RBTV, MMTC TV. Surat kabar online diantaranya Berita Bernas, Mojok.co, Radar Jogja.

Media event online di antaranya Event Jogjakartans, Info Event Jogja, Pinarak Jogja, Visiting Jogja, Jogja Punya acara, Jaring Acara dan Acara Seni. Komunitas diantaranya Malam Museum, Duta Museum DIY, Jelajah Museum Nusantara, Jogja Museum Lovers, Jangkah Nusantara. Serta bekerja sama dengan Museum Sandi BSSN untuk mempromosikan kegiatan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *