Front Maerhaenis Yogyakarta Berikan Mandat Revolusi Pertanian pada Ganjar dan Mahfud MD

beritabernas.com – Menjelang kampanye Pemilu 2024 yang dimulai pada 28 November 2023, Front Maerhaenis Yogyakarta memberikan Mandat Revolusi Pertanian Indonesia kepada Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD.

Mandat tersebut diberikan oleh Front Maerhaenis Yogyakarta karena pasangan Capres Ganjar Pranowo-Cawapres Mahfud MD dinilai mampu melahirkan kebijakan pengelolaan pertanian yang berorentasi pada terbangunnya sinergitas antar departemen, perguruan tinggi, Badan Usaha Milik Petani, perbankan maupun BUMDes.

“Sudah saatnya petani tidak hanya menjadi obyek pembangunan tetapi juga menjadi subyek pembangunan, sehingga petani tidak lagi dipandang hanya sebagai sekadar jargon “Penyangga Tatanan Negara Indonesia” semata,” kata FX Hadi Rudiyatmo yang biasa disapa FX Rudy dari Front Marhaenisme Yogyakarta dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Senin 27 November 2023.

Menurut FX Rudy, optimisme menjadikan Indonesia sejahtera dengan majunya pertanian yang selaras dengan alam harus tetap di bangun. Sebab, Indonesia memiliki Surono Danu dengan benih MSP (Mari Sejahterakan Petani) dan kita percaya bisa menciptakan banyak Surono Danu lainnya dengan kemenangan Ganjar dan Mahfud.

FX Rudy (kanan) menerima plakat dari Ketua GPN DIY Stephanus Sunaryo. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Kami mengharapkan mereka mampu melahirkan kebijakan pengelolaan pertanian yang berorentasi pada terbangunnya sinergitas antar departemen, perguruan tinggi, Badan Usaha Milik Petani, perbankan maupun BUMDes,” kata mantan Walikota Solo ini.

Dikatakan, leluhur Nusantara telah memiliki pandangan besar mewujudkan Nusantara sebagai negeri yang terberkati dimana gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerta raharjo dapat dirasakan oleh manusia Nusantara seutuhnya. Hal ini selaras dengan salah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesiayakni untuk memajukan kesejahteraan umum sebagaimana termaktup dalam Pembukaan UUD 1945, dimana upaya perwujudannya dilahirkan dari kebijakan yang dihasilkan oleh eksekutif maupun legilatif sebagai pengelola negara.

Menurut FX Rudy, kebijakan yang termanifestasikan untuk kesejahteraan rakyat harus bersumber dari kebijaksanaan lokal, bisa menjawab permasalahan dari akar hingga menjawab tantangan zaman. Hari ini kita melihat Indonesia belum sepenuhnya merdeka dalam mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan. Petani sebagai representatif dari kaum Maerhaen senantiasa berhadapan dengan kartel pertanian yang berlindung di balik kebijakan Negara.

Pengelolaan pertanian dari tahun ke tahun senantiasa bermasalah dengan ketergantungan pada pupuk kimia, penjualan produk, ketersediaan lahan hingga pada pengelolaan produk pertanian. Sejak tahun 1994 Indonesia terdaftar sebagai anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal ini berakibat pada kedudukan Indonesia yang harus patuh pada hukum perdagangan internasional, dimana hal tersebut mempengaruhi kebijakan negara dalam mengelola pertanian di Indonesia.

BACA JUGA:

“Negara ini tidak dapat menentukan kebijakan sendiri dan selalu dibayang-bayangi WTO dan pada akhirnya petanilah yang selalu dirugikan, terlebih dengan membludaknya impor bahan makanan dari luar negeri yang lebih murah dengan kualitas dan pengelolaan yang tidak diketahui bagus tidaknya,” kata FX Rudy.

Mencermati kondisi pengelolaan pertanian di Indonesia tersebut, Front Maerhaenis Yogyakarta tidak tinggal diam. Pilihan tumandang gawe bersama dan memajukan pertanian di Indonesia adalah jalan yang harus diambil dengan mengumandangkan “Revolusi Pertanian Indonesia”.

Tumandang gawe Front Maerhaenis Yogyakarta menjelang kampanye Pemilu 2024 akan diwujudkan dalam bentuk pemberian mandat Revolusi Pertanian Indonesia kepada Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD pada Pemilu 2024 dengan harapan, mandat tersebut bisa menjadi sumbangan pemikiran pewujudan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Front Maerhaenis Yogyakarta mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD karena kami pandang memiliki visi-misi pro rakyat tentang kedaulatan pangan dan selaras dengan mandat Revolusi Pertanian Indonesia,” kata FX Rudy. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *