SD Mangunan Go Gelar Festival Literasi

beritabernas.com – SD Mangunan Gowongan (SD ManGo) menyelenggarakan Festifal Literasi dengan tema Ekspresikan Merdeka Belajarmu di Gedung Societet Militair TBY Yogyakarta, pada Kamis 11 Mei 2023.

Festifal literasi ini merupakan salah satu agenda SD Mangunan Gowongan  (SD ManGo) dengan menerapkan konsep eksplorasi dan eksperimental sehingga para peserta didik diajak untuk menjadi pribadi yang eksploratif, kreatif dan integral atau biasa disingkat EKI.

Seluruh bagian dari festifal literasi ini adalah karya peserta didik yang dikemas sedemikian rupa oleh para guru, komite, orangtua siswa serta didukung oleh masyarakat dan para donatur yang peduli dengan pendidikan.

Anak-anak SD Mangunan Gowongan pemain operet. Foto: Istimewa

Kegiatan Festifal Literasi pada tahun 2023 ini memiliki sejumlah bagian, antara lain Ekspo Sobat Eki, Pertunjukan kelas Kreasi dan Operet Anak dengan judul “Musuhku Kawanku.”

Festifal literasi ini dihadiri oleh kurang lebih 250 penonton baik dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Pengawas Sekolah, Yayasan DED,  keluarga besar SD Mangunan Go, sekolah di sekitarmKota Yogyakarta, masyarakat serta akademisi dari universitas yang begitu konsen dengan pendidikan yang Merdeka.

Romo B Edy Wiyanto Pr, Ketua Yayasan Dinamika Edukasi Dasar selaku pengelola SD Mangunan Gomenyampaikan festifal literasi ini adalah sebuah selebrasi atau perayaan proses pembelajaran yang berpusat pada anak dengan nilai EKI (Eksploratif, Kreatif, Integra) sebagai proses pemekaran anak-anak agar dapat migunani atau Be the Light For Others.

Anak-anak foto bersama Bu Indri setelah mementaskan Operet “Musuhku Kawanku”. Foto: Istimewa

Festifal literasi ini melibatkan seluruh peserta didik dengan penampilan asamble music dengan angklung,  puisi dan pantun serta tampilan Operet “Musuhku Kawank ” sebagai stage manager Farhan dan Sutradara Shodiq, yang dengan sangat meriah dengan dipandu oleh Sekar, Galih, Sekar Jemparing dan Gatot sebagai Master of Ceremony dalam Festifal Literasi tahun 2023 SD Eksperimental Mangunan Gowongan Yogyakarta.

Bu Indri, Kepala SD Eksperimental Mangunan Gowongan, mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Dinamika Edukasi Dasar, Sanggar Kinanti Sekar, Guru dan karyawan SD Eksperimental Mangunan Go, Komite Sekolah, orangtua/wali murid, para donatur serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

BACA JUGA:

Ia berharap Festifal Literasi tahun 2023 ini mendapatkan buah yang baik terkhusus buat proses pembelajaran yang merdeka untuk peserta didik SD Eksperimental Mangunan Go. Panitia banyak belajar dari sebuah proses literasi yang nyata sehingga ke depan agenda sekolah yang akan datang bisa dirancang, dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan sukses untuk pembelajaran peserta didik maupun keluarga besar. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *