Tim KKM Universitas Setia Budi Surakarta Dampingi Kelompok Usaha Minuman Instan

beritabernas.com – Tim KKM (Kegiatan Kemandirian Masyarakat) Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, Jawa Tengah mendampingi mitra kerja, yakni kelompok usaha minuman instan dari daun salam di Dusun Pereng Dawe, Balecatur, Gamping, Sleman,

Tim KKM USB yang merupakan kolaborasi antara Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta ini mendampingi Kelompok Usaha SAE (Semua Asli dan Enak) yang bergerak dalam produksi minuman instan dari daun salam.

Baca juga:

Menurut Ketua Tim KKM USB Dr.Apt Rina Herowati MSi, kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Pereng Dawe, Balecatur, Gamping, Sleman yang merupakan kampung Toga (Tanaman Obat Keluarga) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan merupakan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini mendapat bantuan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Produk minuman instan dari daun salam hasil pendampingan Tim KKM USB Surakarta. Foto: Dok Tim KKM USB

Dikatakan, program kerja pada tahap produksi meliputi penyuluhan dan pelatihan mengenai Good Manufacturing Practice dan pembuatan acuan baku proses produksi, pengadaan mesin produksi serta pelatihan/pendampingan penggunaan alat produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Alat produksi yang diserahkan oleh tim pengabdi USB kepada mitra kelompok usaha SAE antara lain mixer, mesin kristalisator, continuous band sealer dan beberapa stamp yang diperlukan untuk kemasan.

Proses kristalisasi daun salam menjadi minuman instan. Fotto: Dok Tim KKM USB

“Kegiatan tim pengabdi bersama mitra selama 1 bulan intensif diharapkan memberikan dampak positif berupa penerapan Iptek dalam meningkatkan kualitas produksi mitra yang berdaya jual tinggi, juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam berkegiatan secara langsung di masyarakat,” kata Rina Herowati dalam rilis yang diterima beritabernaas.com, Selasa 20 Desember 2022. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *