Umat Katolik Merayakan Minggu Palma

beritabernas.com – Umat Katolik seluruh dunia, termasuk di Jogja, merayakan Minggu Palma pada Minggu 24 Maret 2024. Minggu Palma merupakan peringatan peristiwa ketika Yesus memasuki Yerusalem.

Seperti perayaan pada tahun-tahun sebelumnya, dalam perayaan Minggu Palma 2024 umat membawa daun palma lalu diangkat dikibar-kibarkan untuk mengelu-elukan Yesus-yang diperankan Imam/Pastor yang memimpin misa.

Romo Heribertus Budi P Pr saat memimpin perayaan Minggu Palma di Gereja Babadan, Sabtu 24 Maret 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Di Gereja Santo Petrus dan Paulus Babadan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, perayaan Minggu Palma dilakukan pada Sabtu 23 Maret sore dan Minggu 24 Maret 2024 pagi. Perayaan pada Sabtu sore dipimpin Romo Heribertus Budi P Pr, sementara pada misa Minggu 24 Maret 2024 pagi dipimpin Romo Antonius Saptana Hadi Pr.

Pada perayaan Minggu pagi dilakukan perarakan dari Lapangan Wedomartani yang berada sekitar 1 kilometer sebelah utara Gereja Babadan. Ratusan umat mengikuti perarakan sambil mengibas-ibaskan daun palma diringi lagu Yerusalem yang dibawakan umat Lingkungan Paulus.

Suasana perayaan Minggu Palma di Gereja Babadan, Sabtu 23 Maret 2024. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Perayaan Minggu Palma baik pada Sabtu sore maupun Minggu pagi berlangsung aman dan tertib. Umat dengan khusuk mengikuti perayaan sebagai awal dari pekan suci dalam liturgi Gereja Katolik.

Selanjutnya umat Katolik akan merayakan Tri Hari Suci diawali dengan Kamis Putih yang mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama murid-muridNya, lalu disusul hari Jumat Agung yaitu peringatan wafat Yesus Kristus lalu virgili Paskah pada Sabtu Suci dan pada Minggu Paskah yakni peringatan Hari Kebangkitan Yesus. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *