Yayasan BOPKRI Yogyakarta Adakan Perkemahan Mahakosta ke-39

beritabernas.com – Forum Pramuka BOPKRI DIY di bawah Yayasan BOPKRI Yogyakarta mengadakan Perkemahan Mahargyo Hari Pentakosta ( Mahakosta) ke 39 tahun 2024 di Bumi perkemahan Huntap, Gondang II Cangkringan, Sleman pada Jumat-Minggu, 17-19 Mei 2024.

BACA JUGA:

Mahakosta ke-39 dengan tema Api Roh Kudus Membawa Semangat Pembaharuan Bagi Pendidikan di Sekolah BOPKRI diikuti oleh peserta didik dari golongan penggalang SD, Penggalang SMP dan Penegak SMA/ SMK yang berada di bawah naungan Yayasan BOPKRI Yogyakarta. 

Pada tahun ini peserta Mahakosta sekitar 468 orang yang berasal dari 25 pangkalan atau sekolah di bawah Yayasan BOPKRI Yogyakarta. 

Atun Pratiwi MPd.K, Ketua Panitiai, menyampaikan laporan. Foto: agung bp

Perkemahan Mahakosta ke-39 dibuka oleh Ir Obed Tripambudi selalu Ketua Yayasan BOPKRI. Dalam upacara juga dikibarkan bendera Mahakosta dengan iringan Mars Mahakosta, diakhiri dengan flashmob tarian oleh seluruh peserta, panitia dan bapak ibu guru pendamping. 

Pada ihari pertama dilaksanakan api unggun yang dipimpin oleh Atun Pratiwi MPd.K selalu ketua Panitia sekaligus Kamabigus SMP Bopkri 3 Yogyakarta. Dalam api unggun juga ditampilkan apresiasi seni dari perwakilan kontingen setiap cabang, baik dari Kulonprogo, Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta. 

Sementara pada hari ke 2 peserta didik melaksanakan aneka macam kegiatan ketrampilan, fun games  bersama kelompok-kelompok yang digabung antar golongan, sehingga peserta dapat saling mengenal antar peserta bahkan yang berbeda kontingen. 

Sartana S.PAK (kanan) menjadi pembina upacara dalam kegiatan api unggun. Foto: agung bp

Pada malam ke 2 diakhiri dengan api unggun yang dipimpin oleh Sartana S.PAK MPd, Ketua Majelis Pembimbing SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Pada rangkaian api unggun juga ditampilkan kesenian dari setiap kelompok. 

Hari terakhir Mahakosta, Minggu 19 Mei 2024, dilaksanakan kebaktian Pentakosta dilanjutkan upacara penutupan yang dipimpin oleh Dr Sri Sulastri,MPd selalu Direktur Yayasan BOPKRI Yogyakarta. 

Yang diharapkan dalam kegiatan Mahakosta ke-39 tahun 2024 ini adalah Yayasan BOPKRI melalui Gerakan Pramuka yang ada di setiap Pangkalan atau Gugus depan membawa semangat Pembaharuan bagi segala proses pendidikan sehingga terwujudnya Kasih, Integritas dan Pelayanan yang Tulus. (agung budi putranto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *