Animal Friends Jogja dan Petsaga Yogyakarta Promosikan Adopsi Anjing dan Kucing Terlantar

beritabernas.com – Animal Friends Jogja (AFJ) bekerja sama dengan Petsaga Yogyakarta mempromosikan kegiatan adopsi anjing dan kucing terlantar melalui AFJ Adoption Day 2023 di Yogyakarta, Jumat 18 Agustus 2023.

Melalui AFJ Adoption Day ini, Animal Friends Jogja (AFJ) dan Petsaga Yogyakarta berupaya menyadarkan masyarakat agar memilih adopsi anjing dan kucing terlantar daripada membeli.

“Pertambahan jumlah hewan, khususnya kucing yang dirawat di rumah singgah AFJ, sebagian
besar merupakan akibat penelantaran oleh para pemilik kucing maupun pihak yang tidak bertanggungjawab. Hal ini memicu kami untuk menyelenggarakan kembali AFJ Adoption Day 2023 setelah sempat vakum lantaran pandemi Covid-19,” kata Muslimin, Manajer Program Adopsi AFJ, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Senin 21 Agustus 2023.

Suasana AFJ Adoption Day 2023 di Yogyakarta, Jumat 18 Agustus 2023. Foto: Dok AFJ

Dikatakan, beberapa tahun terakhir istilah adopsi acap kali disalahgunakan dan disalahartikan. Sejumlah pihak menggunakan istilah adopsi sebagai kegiatan untuk memperhalus istilah jual beli hewan dampingan, anjing dan kucing.

Karena itu, menurut Muslimin, di samping untukmemperluas edukasi sekaligus memopulerkan kegiatan
adopsi hewan terlantar, acara yang berlangsung di Petsaga Yogyakarta ini juga memperkenalkan bagian dari program dopsi AFJ, antara lain fostering, sponsor satwa dan orangtua asuh virtual sebagai pilihan alternatif membantu hewan terlantar ketika seseorang tidak memungkinkan untuk mengadopsi.

Menurut Muslimin, AFJ Adoption Day 2023 menghadirkan secara langsung 8 kucing dan 3 anjing dari
kasus penelantaran yang selama ini dirawat AFJ. Mereka sudah mendapatkan vaksin, rutin diberi obat cacing dan sterilisasi guna mengontrol populasi anjing dan kucing jalanan.

Para pecinta hewan peliharaan. Foto: Dok AFJ

Kegiatan ini sangat memungkinkan calon adopter melakukan pendekatan dan interaksi secara
langsung dengan kesebelas hewan lucu yang siap untuk diadopsi tersebut. Calon adopter yang sudah siap berkomitmen dan bertanggungjawab memelihara hingga akhir hayat, wajib mengisi formulir adopsi yang tersedia di stand AFJ Adoption. Selanjutnya, staf bagian adopsi akan menghubungi calon adopter dan melakukan prosedur kelayakan adopter lebih lanjut.

Dalam acara yang berhasil menarik sekitar 80 pengunjung ini, cukup banyak yang menunjukkan ketertarikan untuk mengadopsi salah satu satwa dampingan dari rumah singgah AFJ. Selain itu, acara bergengsi ini turut menyajikan mini talkshow bersama Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang DIY periode 2019-2023 drh Aniq Syihabuddin serta menyediakan layanan konsultasi secara gratis dengan drh Andre Lisnawan dan drh Desti Ika.

BACA JUGA:

Dalam sesi talkshow bertajuk Cara Tepat Memelihara Anjing dan Kucing drh Aniq Syihabuddin mengungkapkan bahwa ada hal-hal dasar yang perlu diketahui oleh semua orang sebelum memutuskan untuk hidup bersama satwa dampingan, seperti anjing dan kucing. Di antaranya adalah memahami dan menerapkan lima prinsip kesejahteraan hewan, yaitu bebas dari rasa lapar dan haus; bebas dari rasa tidak nyaman; bebas dari rasa sakit, cidera atau penyakit; bebas mengekspresikan perilaku alami serta bebas dari rasa takut dan tertekan.

Menurut Muslimin, acara ini dimeriahkan oleh penampilan musik dari beberapa musisi asal Yogyakarta, antara lain Ralung, Jaka Prasetya dan Nyiu dan ditutup oleh penampilan yang manis dari Marcella Dee, penyanyi jebolan X Factor Indonesia 2021.

“Dalam acara ini, kami juga melibatkan para relawan yang selama ini banyak membantu kegiatan-kegiatan yang AFJ lakukan, misalnya sterilisasi kucing jalanan,” kata Nofri Dani, Koordinator Relawan AFJ seraya berharap AFJ Adoption Day dapat memperluas jejaring para relawan dan semakin meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya adopsi dibanding membeli.

Talkshow bertajuk Cara Tepat Memelihara Anjing dan Kucing dengan narasumber drh Aniq Syihabuddin. Foto: Dok AFJ

Animal Friends Jogja menghimbau seluruh masyarakat di Indonesia yang berniat memelihara kucing dan anjing agar lebih baik memilih adopsi dari organisasi maupun komunitas penyelamatan hewan daripada membeli.

Sementara Dhiani Probhosiwi, Manajer Kampanye Animal Friends Jogja, mengatakan, AFJ merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk tahun 2010 yang berkomitmen untuk memperjuangkan hak dan perlindungan hewan di Indonesia.

AFJ merupakanbagian dari Member League OIPA (Organizzazione Internazionale per la Protezione degli Animali/An International Organization for Animal Protection Associated with the United Nations
Department of Public Information
), anggota koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI), Act for Farmed Animals (AFFA), Asia for Animals (AfA), dan Open Wing Alliance (OWA).

“Pada tahun 2016, AFJ mulai mengampanyekan isu kesejahteraan hewan yang diternakkan dan menjadi LSM pertama yang menyuarakan isu tersebut di Indonesia,” kata Dhiani Probhosiwi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *