APTISI DIY Meluncurkan PMB Bersama Jogjaversitas 2023

beritabernas.com – Untuk keempatkalinya APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) DIY mengadakan PMB Bersama Jogjaversitas. Untuk tahun 2023 ini, PMB (Penerimaaan Mahasiswa Baru) Bersam Jogjaversitas ini diluncurkan pada Senin 27 Pebruari 2023.

Ketua APTISI DIY Prof Fathul Wahid ST MSc PhD bersama Ketua LLDikti Wilayah V DIY Prof Aris Junaidi dalam jumpa pers di Kantor LLDikti, Senin 27 Pebruari 2023, mengatakan, sistem PMB Bersama Jogjaversitas selain sebagai bentuk kerjasama PTS anggota APTISI juga sebagai upayakampanye bersamai Ayo Kuliah di Jogja.

BACA JUGA:

Menurut Prof Fathul Wahid yang juga Rektor UII, untuk mengikuti PMB Bersama Jogjaversitas calon mahasiswa tidak perlu membayar alias gratis. Para calon mahasiswa baru membayar setelah dinyatakan diterima yang besarnya sesuai kebijakan masing-masing perguruan tinggi yang dituju.

Dikatakan, melalui PMB Bersama Jogjaversitas, calon mahasiswa cukup sekali saja memasukkan nilai raporr dan memilih hingga 3 program studi dari perguruan tinggi yang berbeda yang berada di DIY. Selanjutnya hasil seleksi diumumkan langsung setelah pendaftar memilih program studi dan memasukkan nilai rapor.

Kepala LLDikti Prof Aris Junaidi (tengah) dan Ketua APTISI DIY Prof Fathul Wahid (kiri). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Prof Fathul Wahid, bila mahasiswa sudah diterima di perguruan tinggi yang dipilih atau yang dituju maka yang berlaku adalah kebijakan terkait biaya pendaftaran di masing-masing PTS. Selain itu, calon mahasiswa yang belum diterima di 3 program studi yang dituju, dapat melihat dan memilih program studi-program studi lain yang direkomendasikan di laman Jogjaversitas.id yang sesuai dengan nilai rapor yang diajukan.

Ketua APTISI DIY Prof Fathul Wahid (kiri). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Dengan pola seperti PMB Bersama Jogjaversitas ini, kehadiran Jogjaversitas memberikan kemudahan, khususnya bagi mahasiswa yang berdomisili di luar DIY untuk bisa mendaftar kuliah di berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di DIY tanpa harus keluar dari rumah,” kata Prof Fathul Wahid.

Untuk tahun 2023 ini ada 200 lebih program studi dari puluhan perguruan tinggi untuk dipilih calon mahasiswa melalui sistem PMB Bersama Jogjaversitas. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *