Dialog Kebangsaan IPNU-IPPNU Temanggung, Generasi Muda Harus Punya Rasa Nasionalisme

beritabernas.com – Generasi muda harus memiliki jiwa nasionalisme. Sebab mencintai Tanah Air menjadi bagian dari syariat Islam. Dengan demikian, bila mengakui diri sebagai orang yang beriman maka mencintai Tanah Air merupakan keniscayaan.

“Ini makna hubbul wathon minal iman,” kata Kyai H Furqon Mashuri, Ketua PCNU Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam Dialog Kebangsaan yang diadakan oleh Pimpinan Cabang IPNU- IPPNU Kabupaten Temanggung di Gedung Juang ’45 Temanggung, pada Sabtu 6 Mei 2023.

BACA JUGA:

Dalam Dialog Kebangsaan yang dihadiri oleh puluhan kader IPNU-IPPNU, PC PMII, PD IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Kabupaten Temanggung dan IPKT (Ikatan Pelajar Katolik Temanggung) ini, Kyai H Furqon Mashuri mengatakan, para pemuda dapat menumbuhkan rasa cinta pada bangsa dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, para pemuda siap menjadi generasi kebanggaan bangsa.

Ia memberi contoh sejarah Turki bisa runtuh karena kurangnya rasa nasionalisme. Untuk itu pemuda hari ini harus memiliki jiwa nasionalisme.

Para narasumber Dialog Kebangsaan yang diadakan Pimpinan Cabang IPNU- IPPNU Kabupaten Temanggung di Gedung Juang ’45 Temanggung, pada Sabtu 6 Mei 2023. Foto: Istimewa

Sementara Rekanita Ita Muftihatus Sholihah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Temanggung, mengatakan, dialog kebangsaan menjadi salah satu ihtiar PC IPNU IPPNU untuk mendongkrak semangat mencintai bangsa sebagai sesuatu yang penting bagi generasi muda.

Karena nasib bangsa 10 tahun bahkan 20 tahun mendatng ditentukan oleh gerak pelajar hari ini. Sesuai tema kegiatan yaitu Peran Pelajar dalam Meningkatkan Kecintaan terhadap Bangsa, pelajar harus mulai memahami sejarah dan menumbuhkan kecintaannya kepada bangsa.

“Usia 17+ mulai mengenal dan belajar menumbuhkan kecintaan pada bangsa. Kalau usianya sudah 21+ harus sudah ngelotok dan paham tentang bangsa.Rasa cintanya harus sudah mendalam,” kata Rekanita Ita Muftihatus Sholihah dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Selasa 9 Mei 2023.

Dialog Kebangsaan di Gedung Juang ’45 Temanggung, pada Sabtu 6 Mei 2023. Foto: Istimewa

Djoko Prasetyono, Kepala Kesbangpol Kabupaten Temanggung, yang juga menjadi narsumber dalam acara tersebut, mengatakan, peran organisasi kepemudaan sangat penting untuk sama-sama berkontribusi dalam menjaga keutuhan bangsa.

Organisasi pemuda menjadi media untuk menyemai rasa nasionalisme, apalagi sebagai generasi Z anak muda harus bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, menjadi garda terdepan perkembangan bangsa terutama Temanggung. Salah satunya menumbuhkan rasa cinta pada bangsa, dengan tumbuhnya rasa cinta pada bangsa akan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa ini.

“Kesadaran akan cinta pada bangsa tidak akan tumbuh dengan sendirinya, namun harus ditanam dan dipupuk dengan berbagai upaya melalui hal-hal kecil, lingkungan, media dan juga kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata Djoko seraya berpesan kepada para generasi muda untuk tidak takut menyuarakan pendapat atau aspirasi kepada pemerintah dengan menggunakan media apa saja asal disampaikan sesuai aturan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *