Dr Raden Stevanus Hadiri Peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas bagi Siswa SMA dan SMK

beritabernas.com – Anggota Komus D DPRD DIY Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM menghadiri acara peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas bagi 14.500 siswa/siswi SMA dan SMK yang kurang mampu di lingkup DIY.

Selain dihadiri Dr Raden Stevanus, acara peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas bagi siswa/siswi SMA dan SMK yang kurang mampu yang dilakukan oleh Sekda DIY Drs Beny Suharsono MSi juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi D Umaruddin Masdar S.Ag dan Sekretaris Komisi D Ir Imam Taufik, Kepala Dinas Dikpora DIY Didik Wardaya SE MPd dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi SS MA.

Menurut Dr Raden Stevanus, total dana beasiswa bagi siswa/siswi SMA dan SMK yang kurang mampu tersebut sebesar Rp 21,75 miliar dan dialokasikan melalui dana keistimewaan (danais) tahun anggaran 2023.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM (kiri) menyerahkan Beasiswa Kartu Cerdas. Foto: Istimewa

Masing-masing siswa, menurut Dr Raden Stevanus mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 1,5 juta yang dikirim melalui rekening. Penerima diperbolehkan untuk membelanjakan uang bantuan pendidikan untuk kebutuhan sekolah. 

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk mendorong penggunaan anggaran yang lebih bermanfaat seperti bantuan beasiswa bagi siswa kurang mampu sehingga siswa dapat mencukupi kebutuhan-kebutuhan bagi peningkatan keperluan sekolah mereka,” kata Dr Raden Stevanus.

Politikus muda DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini berharap ke depan alokasi anggaran untuk pendidikan bisa ditingkatkan kembali dan diberikan terobosan untuk bisa meningkatkan kesempatan bagi warga DIY untuk mengakses pendidikan yang lebih tinggi.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM foto bersama Sekda DIY, Kepala Dinas Dikpora DIY, Kepala Dinas Kebudayaan DIY serta Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi D DPRD DIY serta wakil siswa penerima Beasiswa Kartu Cerdas. Foto: Istimewa

“Angka kelulusan SMA & SMK di DIY sangat baik, namun saya berharap ke depan ada strategi yang cukup significant progressive untuk bisa mendorong kesempatan yang lebih luas bagi warga tidak mampu untuk bisa kuliah,” kata Dr Raden Stevanus.

Sebab, DIY dikenal sebagai kota pendidikan, sudah selayaknya warga DIY bisa mengakses pendidikan tinggi dengan lebih mudah. Skema pembiayaan, beasiswa, sponsorship dan berbagai hal perlu dirumuskan secara seksama agar lebih banyak lagi warga DIY mengakses pendidikan tinggi.

BACA JUGA:

“Bonus demografi di DIY akan menjadi optimal ketika warganya memiliki kapasitas sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk juga kesempatan anak muda Jogja untuk bisa mengakses pendidikan yang lebih tinggi agar warga DIY bisa bersaing dan menjadi subjek pembangunan ke depan dan bukan sebagai objek dari pembangunan di DIY,” kata Dr. Raden Stevanus. 

Pembangunan berkelanjutan berbasiskan local wisdom akan mungkin terus dilakukan oleh warga yang dipersiapkan untuk dapat meneruskan pembangunan yang saat ini dilakukan. Fokus untuk peningkatan kapasitas SDM warga DIY menjadi salah satu pilar menuju Jogja lebih Istimewa dan lebih Sejahtera.

“Semoga tahun-tahun selanjutnya ada skema beasiswa tidak hanya bagi siswa SMA & SMK namun juga bagi mahasiswa yang kurang mampu. Hal ini juga melibatkan masyarakat sehingga ada kolaborasi antara penerima beasiswa dengan masyarakat sekitar sehingga memungkinkan akselarasi pembangunan masyarakat yang berkelanjutan,” kata Dr Raden Stevanus.

Sekda DIY Benny Suharsono (kanan) meluncurkan Beasiswa Kartu Cerdas DIY. Foto: Istimewa

Sekda DIY Benny Suharsono yang meresmikan peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas itu mengatakan, program ini merupakan wujud komitmen Pemprov DIY dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Melalui bantuan pendidikan ini, diharapkan dapat turut meningkatkan mutu sumber daya manusia. Dia berpesan kepada para penerima Beasiswa Kartu Cerdas agar bisa menggunakan dana bantuan dengan bijak dan bertanggung jawab.

“Beasiswa Kartu Cerdas DIY merupakan bantuan pendidikan bagi siswa SMA dan SMK kurang mampu di lingkup DIY. Beasiswa Kartu Cerdas ini juga merupakan cara Dinas Dikpora DIY untuk memastikan tak ada anak putus sekolah lantaran terkendala biaya,” kata Didik Wardaya, Kepala Dinas Dikpora DIY. 

Ia menambah bahwa Beasiswa Kartu Cerdas ini rutin diluncurkan setiap tahun. Kali ini menelan anggaran sebesar Rp 21,75 miliar yang dialokasikan melalui dana keistimewaan (danais) tahun anggaran 2023. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *