Dr Raden Stevanus Mengapresiasi Langkah Gubernur DIY Mewujudkan Jogja Smart Province

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang akan mewujudkan Jogja Smart Province (JSP).

Upaya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk mewujudkan Jogja Smart Province (JSP) ini diawali dengan melakukan kick-off penyusunan masterplan Jogja Smart Province (JSP) di Kasultanan 2 Royal Ambarukmo Yogyakarta, Rabu 12 Juli 2023.

“Saya mendukung penuh langkah Gubernur DIY yang terus mengembangkan inovasi dalam usaha mewujudkan Jogja Smart Province. Dalam rangka itu, saya pun mendorong adanya Perda Jogja Smart Province agar menjadi payung hukum yang lebih komprehensif dalam mewujudkan ekosistem Jogja Smart Province,” kata Dr Raden Stevanus kepada beritabernas.com, Minggu 16 Juli 2023.

Guberur DIY Sri Sulta Hamengku Buwono X melakukan kick-off penyusunan masterplan Jogja Smart Province. Foto: Penrem 072/ Pamungkas

Menurut Dr Raden Stevanus, masterplan Jogja Smart Province DIY diharapkan dapat memajukan sektor ekonomi DIY. Karena dengan memanfaatkan teknologi dan ekonomi digital, DIY dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan startup, inovasi bisnis dan penciptaan lapangan kerja baru. Hal ini akan mendorong perkembangan industri kreatif, teknologi informasi serta sektor-sektor lain yang berpotensi menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Dr Raden Stevanus mengatakan, keputusan DIY untuk menjadi provinsi pintar dengan menyusun masterplan yang komprehensif menunjukkan visi dan komitmen pemerintah untuk menghadapi era digital dan memanfaatkannya untuk kemajuan yang berkelanjutan. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam mendorong transformasi digital di seluruh Indonesia.

BACA BERITA TERKAIT:

“Penyusunan masterplan Jogja Smart Province DIY adalah langkah maju yang layak diapresiasi. Inisiatif ini tidak hanya akan membantu DIY menjadi provinsi yang lebih inovatif dan berdaya saing, tetapi juga memberikan contoh bagi daerah lain di Indonesia untuk mengembangkan strategi serupa. Dengan menggabungkan teknologi, inovasi dan partisipasi masyarakat, DIY sedang membangun masa depan yang cerah dan berkelanjutan,” kata Dr Raden Stevanus yang sejak awal dengan gigih memperjuangkan terbentuknya Perda tentang Jogja Smart Province.

Seperti diketahui pada 12 Juli 2023, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukn kick-off penyusunan masterplan Jogja Smart Province DIY. Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong kemajuan dan inovasi di daerah, menjadikan DIY sebagai provinsi pintar yang dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan potensi teknologi dalam pembangunan berkelanjutan.

Gubernur DIY memberikan surat tugas pada acara kick-off penyusunan masterplan Jogja Smart Province. Foto: Penrem 072/ Pamungkas

Masterplan Jogja Smart Province DIY akan menjadi panduan strategis bagi DIY dalam mengintegrasikan teknologi dan inovasi di berbagai sektor. Langkah ini akan memungkinkan DIY untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital, pengembangan kota pintar, pemanfaatan data dan kecerdasan buatan serta pengembangan ekonomi digital.

“Terpilihnya DIY sebagai pilot project nasional implementasi smart province menjadi tantangan tersendiri, bagaimana berkolaborasi dan integrasi yang sudah dirintis pada fase 1 Jogja Smart Province terus dilanjutkan dengan melakukan harmonisasi antara teknologi dengan masyarakat DIY melalui dukungan semua pihak,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara kick-off penyusunan masterplan Jogja Smart Province di Kasultanan 2 Royal Ambarukmo Yogyakarta, Rabu 12 Juli 2023. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *