FH UII Launching Pembentukan Program Magister Hukum Migas

beritabernas.com – Fakultas Hukum (FH) UII melaunching pembentukan Program Magister Hukum dengan bidang konsentrasi utama Hukum Migas di Ruang Auditorium FH UII, Rabu 11 Oktober 2023.

Selain sebagai bentuk komitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam bidang Hukum Migas yang berkarakter dan kompeten di Indonesia, juga sebagai bentuk kontribusi FH UII dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Program Magister Hukum dengan konsentrasi utama Hukum Migas tidak terlepas dari adanya kerjasama yang produktif dan efektif antara FH UII dan SKK Migas serta kuatnya dukungan dari para ahli hukum migas di Indonesia,” kata Prof Dr Agus Riswandi SH M.Hum, Dekan FH UII, kepada wartawan sesaat sebelum seminar dengan tema Regulation and Policy Challenges in UpstreamOil and Gas Sector During the Decarbonization Era di Ruang Auditorium Kampus FH UII, Rabu 11 Oktober 2023.

Dekan FH UII Prof Dr Agus Riswandi SH M.Hum. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Menurut Prof Budi Agus Riswandi, Program Magister Hukum bidang konsentrasi utama Hukum Migas FH UII merupakan program unggulan yang dikembangkan oleh FH UII tahun 2023. Dengan dibukanya program ini, FH UII berupaya untuk mendorong ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang hukum migas yang memiliki karakter dan kompetensi yang tinggi di mana hingga saat ini kebutuhannya masih sangat tinggi apabila memperhatikan perkembangan industri migas itu sendiri.

BACA JUGA:

Untuk mewujudkan ini, FH UII tidak saja bekerja sama dengan para pihak terkait tetapi juga secara konkrit telah melibatkan para praktisi dalam bentuk program praktisi sharing. Selain itu FH UII juga secara serius dan terus-menerus mengembangkan berbagai program serta sarana dan prasarana yang diharapkan dapat mendukung terhadap penguatan program magister hukum ini.

Salah satu program yang diharapkan dapat mendukung Program Magister Hukum Migas ini adalah dengan mengembangkan program wakaf uang sebagai dana abadi pendidikan di FH UII.

Menurut Prof Budi Agus Riswandi, program ini dirancang untuk memberikan peluang kepada para pihak yang memiliki konsen dan kepedulian terhadap pengembangan pendidikan hukum di FH UII dengan memberikan dukungan pembiayaan berupa wakaf uang di mana dari ketersediaan manfaat wakaf uang yang dikelola selanjutnya dapat dikontribusikan bagi penguatan program magister hukum BKU Hukum Migas, selain program pengembangan akademik lainnya di FH UII.

Dekan FH UII Prof Budi Agus Riswandi (kiri) dan Ketua APHMET Dr Didik Sasono Setyadi memegang dokumen MoU. Foto: Humas UII

Awakaf formulasi penggunaan wakaf uang ini dalam bentuk bantuan pendidikan (beasiswa) atau insentif bagi para mahasiswa yang berprestasi di program magister hukum bidang konsentrasi hukum migas. Tentu dengan adanya program ini akan semakin meyakinkan lagi kesiapan dari penyelenggaraan program magister hukum bidang konsentrasi utama hukum migas sekaligus memberi akses pendidikan yang luas bagi masyarakat untuk turut terlibat secara aktif dalam memanfaatkan keberadaan program magister hukum ini dengan seluas-luasnya.

Forum Hukum Hulu Migas

Menurut Prof Budi Agus Riswandi, sejak 9 Oktober hingga 11 Oktober 2023, Forum Hukum Hulu Migas diselenggarakan oleh Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan (APHMET) bekerjasama dengan FH UII.

Acara Forum Hukum Hulu Migas 2023 diselenggarakan di dua tempat yaitu di Ballroom Hotel Tentrem dan Ruang Auditorium FH UII. Kegiatan ini telah didukung oleh banyak pihak di antaranya SKK Migas dan FH UII.

Dalam konteks kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Auditorium FH UII diadakan seminar yang bertemakan Regulation and Policy Challenges in Upstream Oil and Gas Sector During the Decarbonization Era dengan menghadirkan para narasumber yang sangat berkompeten.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Asosiasi Praktisi Hukum Mmigas dan FH UII untuk mendukung pendidikan tinggi hukum migas dan energi terbarukan yang bereputasi nasional dan internasional. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *