FK UII Meresmikan Kandang Komunal Kambing di Dusun Ngandong Sleman

beritabernas.com –Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) mengadakan bakti sosial di Dusun Ngandong Sleman, Minggu 26 Juni 2023. Selain meresmikan kandang komunal untuk kambing milik warga Dusun Ngandong, dalam bakti sosial itu, FK UII juga melakukan pengecekan kesehatan masyarakat setempat dan mengadakan bazar sembako.

Ketua Panitia Bakti Sosial FK UII Dr dr Sunarto M.Kes mengatakan, sejak tahun 2012, FK UII telah menginisiasi berbagai macam kegiatan melalui kerja sama dengan Dusun Ngandong Sleman, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Kerja sama yang terjalin diharapkan dapat memberikan kemudahan akses pengembangan desa setempat. ”PR kita ke depan adalah bagaimana membuka jaringan internet di wilayah tersebut sekaligus untuk mewujudkan desa wisata. Semua program tersebut didukung oleh carik/sekretaris desa setempat, termasuk aspal jalan dari dana desa,” kata Dr dr Sunarto seraya mengharapkan keterlibatan penuh warga desa dalam setiap program yang dijalankan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (kanan) bersam Rektor UII Prof Fathul Wahid (kedua dari kiri) dalam acara peresmian kandang komunal kambing di Dusun Ngandong Sleman. Foto: Humas UII

Pada kesempatan yang sama, Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD berharap input dari kegiatan yang diadakan dapat diimplementasikan dengan baik. “Kita berharap acara hari ini juga memberikan dampak yang serupa, karena ini tergantung dari potensi desa masing-masing. Sehingga selain di kampus melakukan kegiatan meneliti, saling belajar, insya Allah juga menebar manfaat lewat berbagai macam program,” kata Prof Fathul Wahid.

Menurut Prof Fathul Wahid, terciptanya kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan utama UII. “Insya Allah kalau kesejahteraan naik akan menjadi modal untuk peningkatan kualitas hidup termasuk pendidikan, kesehatan dan akan menjadi modal untuk mobilitas vertikal. Lebih tinggi peran yang dimainkan, insya Allah juga akan lebih tinggi manfaat yang bisa diberikan untuk sebanyak mungkin orang,” kata Rektor UII.

BACA JUGA:

Sementara Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia drh Nur Saptahidayat mengingatkan pentingnya kolaborasi antara masyarakat desa dengan perguruan tinggi. “Sangat penting pada saat ini adalah kita menggabungkan antara yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat dan yang sudah diteliti oleh perguruan tingg. Ini sangat bagus,” ujarnya.

Menurut Nur Saptahidayat, kehadiran dinas dan pihak terkait diharapkan mampu memberikan wawasan baru guna menyongsong kemajuan desa setempat. “Pada kesempatan kali ini semua ada, kita kerja sama, kita gunakan ilmu yang sudah dimiliki dan belajar di lapangan, gurunya ada di lapangan,” katanya.

Nur Saptahidayat pun meminta warga agar memaksimalkan potensi diri. “Jangan hanya menunggu bantuan, tetapi kita juga perlu mengembangkan potensi yang ada,” kata Nur Saptahidayat.

Rektor UII Prof Fathul Wahid. Foto: Humas UII

Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo yang meresmikan kandang komunal tersebut mengharapkan agar warga Ngandong mendapat pembinaan terkait pengelolaan kandang dan penyembelihan hewan yang sesuai syariah.

“Saya mohon dengan bantuan ini bermanfaat bagi warga Ngandong sekaligus warga kami mendapat tentang bagaimana mengelola yang syariah, bahasanya sembelih juga yang syariah,” kata Kustini Sri Purnomo.

Menurut Kustini Sri Purnomo tujuan bersama ini diharapkan mampu memberikan keberkahan bagi masyarakat. “Semoga kandang kambing yang diresmikan ini bermanfaat bagi warga kami di Ngandong dan biar rezekinya halal, berkah dan ikhlas dengan tujuan bersama-sama,” harap Bupati Sleman.

Terkait dengan pengadaan internet, Kustini Sri Purnomo menegaskan akan segera membuka akses internet guna memudahkan masyarakat mendapat informasi dan komunikasi di tiap-tiap desa. “Insya Allah kita pasang internetnyai dan air bersih,” kata Bupati Sleman. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *