Gerakan Pramuka Gugus Depan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Bekali Calon Dewan Ambalan

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 03053/03054 SMA BOPKRI 1 Yogyakarta melakukan pembekalan calon Dewan Ambalan dan serah terima jabatan masa bakti 2023-2024 di Bumi Perkemahan Joko Garong Turi, Sleman, pada Jumat hingga Minggu, 1-3 September 2023

Pembekalan diikuti oleh 21 calon Dewan Ambalan Gerakan Pramuka Gugus Depan 03053/03054 SMA BOPKRI 1 Yogyakarta selama 2 hari 1 malam didampingi oleh 9 Dewan Ambalan dan 11 pembina Pramuka.

Pembina SMA BOPKRI 1 Yogyakarta yang mendampingi kegiatan. Foto: agung bp

Cita Murti Prameswari SPd sebagai pembina upacara ketika membuka kegiatan mengungkapkan bahwa Dewan Ambalan adalah wadah untuk menyalurkan jiwa kepemimpinan adik-adik Pramuka sehingga dapat berperan sebagai perencana, pelaksana serta penggerak dalam kegiatan pendidikan kepramukaan di gugus depan yang berpangkalan di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Dengan penuh semangat peserta pembekalan calon Dewan Ambalan mengikuti kegiatan yang telah disusun oleh Dewan Ambalan Kelas XII dengan berkonsultasi dengan pembina. Kegiatan pembekalan calon Dewan Ambalan antara lain dinamika kelompok (pembagian kelompok), pendirian tenda, proses ujian SKU, caraka dan ketajaman indra manusia, pembekalan ketrampilan kepramukaan yang terdiri dari peta lapangan, menaksir tinggi, simpul tali dan ikatan, kode kehormatan serta komunikasi lapangan (morse dan semaphore).

Peserta menerima pembekalan ketrampilan kepramukaan yaitu peta lapangan oleh Lukas Istiadi MT. Foto: agung bp

Pada malam terakhir setiap peserta calon Dewan Ambalan menampilkan talent atau bakat antara lain menari tradisional, menyanyi, puisi, bermain musik, modern dance dansebagainya. Kegiatan di hari ke 2 diakhiri dengan refleksi kepemimpinan yang dibawakan oleh Monica Rante Arru S.Pd.Grr, M.min.

BACA JUGA:

Sementara pada hari terakhir peserta calon Dewan Ambalan melaksanakan kegiatan fungames yang dikelola oleh Dewan Ambalan kelas XII. Upacara penutupan dipimpin oleh Drs Mursetyadi Yuli Sadono MPd sekaligus melantik 21 Dewan Ambalan masa bakti 2023/2024.

Drs Mursetyadi Yuli Sadono M.Pd menyampaikan terimakasih kepada Dewan Ambalan masabakti 2022/2023 atas kerja dan bakti serta pengabdian untuk Gerakan Pramuka Gugus Depan 03053/03054 dalam mengelola semua kegiatan Pramuka baik kegiatan intern ataupun kegiatan peran serta dari kwartir ranting, cabang atau daerah.

Upacara pembukaan dipimpin oleh Cita Murti selaku pembina. Foto: agung bp

Ia juga mengucapkan selamat untuk Dewan Ambalan yang telah dilantik dan beharap agar selalu bekerja sama dan jalin komunikasi serta konsultasi kepada Pembina. Sehingga dalam merencanakan, mengelola serta mengerakan dapat berjalan baik dan lancar. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *