Pesta Demokrasi Ganjarist Siap Digelar

beritabernas.com – Panitia Pemilihan Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 telah siap menyambut para relawan Ganjarist untuk memberikan suara dalam pesta demokrasi Pemilihan Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 di Hotel Grand Kemang, Senin 4 September 2023.

Kesiapan ini telah dikonfirmasikan kepada Ketua Panitia Pemilihan Ketua Umum Ganjarist Ratnaningrum Djaroem, Minggu 3 September 2023 sore.

Salah satu kesiapan panitia terlihat dari upaya menyosialisasikan tata cara atau mekanisme proses pemilihan Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 dalam bentuk video animasi berdurasi 1 menit 59 detik.

Dalam video ini dipaparkan secara runtut satu per satu tentang cara para peserta Rapat Umum Anggota Ganjarist memberikan suara untuk memilih ketua umum. Menurut data di panitia, dalam perhelatan resmi dan sangat penting Senin 4 September 2023 terdata 200-an satuan relawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri, 4 unsur sayap Ganjarist dan 65 orang dari pengurus Koordinator Nasional dan Dewan Pakar serta Dewan Pendiri Ganjarist akan memberikan suaranya, dengan ketentuan satu satuan relawan, satu suara.

Melalui video yang telah diedarkan ke seluruh satrel, Ratna Djaroem mengajak seluruh satrel, sayap, dewan pembina, dewan pendiri dan dewan pakar berpartisipasi penub dalam pesta demokrasi ini.

Flyer pemilihan Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028. Foto: Istimewa

“Kami sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dan menunggu kehadiran teman-teman untuk memberikan hak pilihnya secara hydbrid. Artinya dapat dilakukan secara offline dan online. Partisipasi teman teman semua dari mulai satrel, pengurus nasional, dan sayap organisasi memberi arti dan warna yang sangat penting untuk Ganjarist ke depannya,” ajak Koordinator Hukum dan Advokasi Kornas Ganjarist ini.

Mekanisme pemilihan

Adapun mekanisme proses pemilihan Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 secara hybrid adalah sebagai berikut:

Pemilihan secara offline dilakukan dengan cara panitia mendata dan memvalidasi nama peserta dan satrel, lalu panitia mengarahkan peserta pemilih ke papan tulis untuk memberikan suaranya. Proses pemilihan ini dilakukan secara terbuka disaksikan oleh peserta lainnya.

Sementara tata cara pemilihan secara online, lebih banyak tahapannya, yakni dengan cara Ketua Panitia Pemilihan Ketua Umum Ganjarist akan mengundang dan mendata setiap ketua satrel untuk masuk dalam satu whattsApp grup khusus. Sebelumnya nomor WA telah diverifikasi oleh sekretariat dan mendapatkan validasi untuk memilih.

BACA JUGA:

Panitia telah menonaktifkan mode chat dalam WhattApp Grup tersebut, sehingga hanya admin yang bisa mengirim pesan. Pada saatnya, admin membuat fitur polling untuk peserta memilih kandidat.

Cara kedua khusus untuk di luar negeri karena kendala perbedaan zona waktu dan hal lain, dan daerah yang tidak memungkinkan masuk ke dalam WA Grup. Cara memilih kandidat adalah dengan mengirimkan video, dimana peserta menyebutkan nama satrel dan nama kandidat pilihannya di depan kamera, lalu mengirimkan video itu ke nomor WA Sekretariat Kornas Ganjarist.

Pemilihan Ketua Umum Ganjarist ini merupakan pesta demokrasi pertama bagi organisasi relawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024-2029, sejak dibentuk pada Juni 2021. Semua unsur organisasi berharap pesta demokrasi ini berjalan lancar dan sukses.

Seluruh satrel se pulau Sumatera telah menyampaikan dukungan dan harapan untuk suksesnya pesta demokrasi ini. Juga Goesgan dan Senang Motoran Ganjarist (Semoga), dua dari empat sayap Ganjarist melalui video menyampaikan dukungannya. Mereka siap memilih kandidat calon ketua umum dan mendukung penuh ketua umum terpilih. (AS)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *