Gerakan Pramuka Gugus Depan SMP Joannes Bosco Mengadakan Lomba Tingkat 1

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 03.037-03.038 yang berpangkalan di SMP Joannes Bosco Yogyajarta mengadakan Lomba Tingkat 1 di Bumi Perkemahan Huntap Gondang 2, Bulaksalak, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, sejak Senin 3 Juni hingga Rabu 5 Juni 2024 .

Perkemahan Lomba Tingkat 1 Gerakan Pramuka Gugus Depan SMP Joannes Bosco Yogyajarta ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan 8 yang terbagi menjadi 8 regu putra dan 7 regu putri. 

Para peserta datang ke lokasi perkemahan secara mandiri sesuai regu masing-masing.Pada tahun 2024 ini Lomba Tingkat 1 SMP Joannes Bosco Yogyakarta mengambil tema Bangkitkan Tunas Muda dengan Satya Darma Pramuka dalam Terang Veritas. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Agnes Indian Ekowati S.Si selalu Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) Depan. 

Penyematan tanda peserta. Foto: Agung BP

Kamabigus Agnes Indian Ekowati meminta peserta mengikuti segala proses lomba dengan semangat, tetap menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar serta aplikasikan teknik dan ketrampilan kepramukaan dengan baik. Dengan demikian, apa yang sudah dipersiapkan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja bermanfaat bagi pribadi maupun orang-orang di sekitar kita. 

Dalam perkemahan ini, kegiatan yang dilombakan antara lain Pionering, Cerdas Cermat Pramuka, Melukis Pot dengan tema No Bullying, Lomba Geguritan, Yel-yel regu, Caraka dan KIM, Lomba Memasak. Sedangkan dalam jelajah alam peserta didik juga diuji tentang penjernihan air, menafsir tinggi pohon, sketsa panorama dan membuat peta perjalanan. 

Lomba yang cukup meriah adalah rias wajah karakter dimana peserta didik harus berimajinasi, kreatif dalam merias sebuah karakter dan di sore hari ada kegiatan PPGD yaitu pembuatan dragbar atau tanduk darurat, pembalutan dan pengangkutan. 

BACA JUGA:

Mengakhiri kegiatan hari kedua dengan pentas seni dan renungan malam. Pada kesempatan itu peserta didik menampilkan apreasiasi seni berupa drama cerita pahlawan, pantomim, tari dolanan, dance modern, drama cerita rakyat dan sebagainya. 

Pada hari ketiga peserta didik mengikuti lomba halangrRintang dengan 8 games yang harus dilewati. Di sini muncul stategi, semangat, disiplin dan kerjasama regu untuk melalui berbagai macam permainan yang harus diselesaikan secara bersama-sama. 

Perkemahan lomba tingkat 1 diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus pelantikan penggalang Ramu dan Rakit, bagi peserta didik yang telah menyelesaikan syarat kecakapan umum serta melalui pendampingan dari kakak pembina dan dinyatakan layak dan siap secara mental spiritual serta teknik dan ketrampilan kepramukaan, maka diusulkan untuk dilantik dan dikukuhkan. 

Regu terbaik dan berprestasi foto bersama Kamabigus SMP Joanes Bosco Yogyakarta Agnes Indah Ekowati. Foto: Agung BP

Pada tahun ini ada 3 penggalang Rakit dan 22 penggalang Ramu. Dalam upacara penutupan kegiatan juga diumumkan regu-regu tergiat dan berprestasi. 

Kamabigus berharap peserta didik mendapatkan pelajaran yang sangat berarti selama berkemah 3 hari 2 malam tahun 2024 ini. Ia juga mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah dilantik semoga ini menjadi pemicu semangat bagi adik-adik yang masih dalam proses penyelesaian syarat kecakapan umum baik penggalang Ramu ataupun Rakit.

“Semoga semangat adik-adik tetap menyala seperti api unggun yang selain bisa menerangi sekitarnya juga dapat menjadi pelindung dan penghangat. Di mana pun adik-adik berapa kiranya senantiasa mengaplikasikan satya dan darma serta menjadi teladan dalam terang Veritas,” kata Kamabigus Agnes Indian Ekowati. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *