Kepala MTsN 3 Bantul Apresiasi Buku Gurit 56 Karya Sutanto 

beritabernas.com – Kepala MTsN 3 Bantul Tutik Husniati menyambut baik dan mengapresiasi terbitnya buku solo ke-25 berjudul Gurit 56 karya Sutanto. Menurutnya buku itu sangat unik karena menggunakan bahasa Jawa dengan beberapa kosa kata yang sudah jarang dipakai dalam komunikasi sehari-hari.

“Buku spesial ini menjadi pemantik semangat warga madrasah untuk mengikui jejak Pak Tanto menggelorakan literasi, syukur-syukur bisa menerbitkan menjadi buku. Terus terang saya harus beberapa kali membaca kata demi kata untuk dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya,” jelas Tutik usai menerima buku dari Sutanto di halaman madrasah Rabu 8 Mei 2024.

Sutanto menambahkan bahwa kumpulan geguritan yang baru saja terbit tersebut berisi 101 geguritan dan ditulis selama 50 hari. Buku solo tersebut merupakan hasil karyanya dalam mengikuti Workshop Menulis Buku ber NIPB/ ber ISBN yang diselenggarakan Komunitas Yuk Menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati pada 16 Februari sampai dengan 16 Maret 2024 lalu secara daring.

BACA JUGA:

“Geguritan saya buat dengan membuat pola yang seragam, bait pertama terdiri 5 baris dan bait kedua 6 baris. Menggunakan bahasa yang sederhana, dengan Jawa ngoko diselipi beberapa Jawa krama dengan harapan bisa mengenalkan beberapa kosa kata yang sering maupun jarang digunakan. Tema yang saya angkat bervariasi sesuai dengan fenomena yang saya lihat, saya alami dan saya dengar,” terangnya.

Beberapa tema seperti Pemilu diungkap melalui judul Milih Kanthi Gumbira, Beda Ora Dadi Perkara. Tips bergaul dengan orang lain bisa disimak dalam judul Polatan Peteng, Srawung, Ati Buthek, Runtik. Tema semangat dalam bekerja dikupas dalam judul Sengkut Makarya, Nindakke Dhawuh.

Ajakan berbuat baik diurai dalam judul Migunani, Ndhedher Ngelmu. Rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan dapat dilihat dalam judul Syukur, Wancine Mulat Sarira. Tema tentang datangnya ajal melalui judul Binuka Kori Swarga, Tekan Janjine. Ajakan menjaga kesehatan diungkap dalam Ana Watese, Raga Wajib Jinaga. Tema Seputar pernikahan dibuat dalam judul Gathuking Rasa, Gemati, Janji Suci.

“Buku yang akan terbit ini cukup spesial karena diberi pengantar Pegiat Gurit dan Fasilitator Mahasiswa Mancari Ilmu Bapak Dr KRT Akhir Lusono S.Sn M.M sekaligus akan menjadi hadiah ulang tahun saya Juni mendatang,” kata Sutanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *