Komunitas “Nepal Van Java” Buka Bersama di Joglo ATM-J Magelang

beritabernas.com – Komunitas Nepal Van Java (NVJ) yang sebagian besar anggotanya merupakan alumni tahun 1977 dari SMAN1 Magelang mengadakan acara buka puasa bersama di Joglo ATM -J Jalan Trasan,  Bandongan, Kabupaten Magelang, Sabtu 6 April 2024 sore.

Acara buka puasa bersama kali ini sungguh sangat relegius dan bermakna. Ibu-ibu memakai pakaian gamis berhijab, sedangkan bapak-bapak mengenakan baju koko, bersarung dan berkopiah.

Kegiatan ini bukan sekadar hura-hura namun juga dalam rangka pendalaman spiritual untuk meningkatkan ukhuwah islamiah sekaligus rasa syukur pada Allah karena masih bisa diberi waktu dapat menjalankan puasa dengan baik dan berkumpul bersama.

Ustadz KH Drs Akhmad Dahlan (berdiri) saat menyampaikan kultum pada acara buka puasa bersama anggota Komunitas Nepal Van Java (NVJ). Foto: Bambang Darmadi

Selain itu, acara buka bersama ini bukan hanya semata-mata kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan pada tiap bulan Ramandan, akan tetapi juga memiliki makna yang sangat krusial, yakni menjalin silaturahim dan meningkatkan iman dan takwa pada Allah, agar tetap guyub rukun saklawase, saling menghargai dan menghormati tanpa memandang status sosial, khususnya diantara rekan-rekan yang ada di komunitas NVJ dan dengan rekan-rekan lain pada umumnya.

“Bahkan ke depan direncanakan ada usaha bersama untuk menunjang aktivitas bersama,” kata Wahyoe Rudhy Nenny dan Widyastuti selaku penggerak kegiatan ini. 

Dalam acara buka bersama komunitas NVJ ini, kultum disampaikan oleh Ustadz KH Drs Akhmad Dahlan. Dalam siraman rohaninya,Ustadz Akhmad Dahlan mengatakan bahwa kita diwajibkannya puasa Romadlon untuk menggapai peringkat atau predikat taqwa (la’allakum tattaqun) QS Al-Baqarah 2:183).

BACA JUGA:

Dikatakan, sejatinya secara adi qodrati manusia dicipta oleh Allah SWT dalam keadaan sebaik baik ciptaan (Ahsani taqwim) QS: Attin 95: 3. Menurut Ustadz Akhmad Dahlan, perintah puasa adalah untuk menjaga- mengembalikan fitrah-jati diri adi qodrati manusia (re birth of man in mindkind) lahirnya kembali manusia dengan sifat kemanusiaannya.

Karena itulah kenapa setelah puasa satu bulan penuh orang Islam merayakan ‘Iedul Fitri,” kata Ustadz Akhmad Dahlam dalam siraman rohaninya pada komunitas NVJ. (Z Bambang Darmadi, Alumni 77 SMAN 1 Magelang)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *