Komunitas World Cleanup Day Yogyakarta dan Wadhah Rindhang Adakan Buka Puasa Bersama

beritabernas.com –Komunitas World Cleanup Day Yogyakarta dan Komunitas Wadhah Rindhang (Orang Muda Lintas Iman) mengadakan buka puasa bersama di Panti Asuhan Mukti Insani Bantul, Sabtu 6 April 2024.

Acara buka puasa bersama bertajuk Romansa (Romadhon Milik Bersama) ini mengusung konsep inklusif dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan. Acara ini diinisiasi oleh komunitas World Cleanup Day Yogyakarta dan komunitas Wadhah Rindhang (Orang Muda Lintas Iman).

Menurut Puja Alviana Dewantri,Co Leader WCD Yogyakarta, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Minggu 7 April 2024, dengan visi masing-masing, World Cleanup Day Yogyakarta dan Wadhah Rindhang membingkai acara buka bersama di panti asuhan ini dengan nilai inklusivitas secara fisik, identitas dan kaitannya dengan lingkungan hidup.

Salah seorang peserta buka bersama menyampaikan sambutan. Foto: Istimewa

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Wadhah Rindhang terhadap toleransi dan keberagaman dalam masyarakat, menekankan pentingnya memupuk pemahaman dan penerimaan di antara individu-individu yang berbeda latar belakang agama atau keyakinan.

Sementara Cr Nana K mengatakan, melalui kegiatan ini World Cleanup Day Yogyakarta menunjukkan kepedulian pada permasalahan lingkungan yang mendesak terutama di wilayah DIY melalui sesi workshop pemilahan dan edukasi tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya serta pengenalan metode ember tumpuk sebagai media pengolah sampah organik.

BACA JUGA:

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Rini, salah seorang pengasuh Panti Asuhan Mukti Insani yang baru berdiri 2022 silam. Anak-anak panti asuhan yang berkebutuhan khusus turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan memberikan hiburan musik dengan antusias. Setelah berbuka puasa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan workshop pengenalan metode ember tumpuk sehingga diharapkan suatu saat dapat memiliki nilai jual untuk kebutuhan panti asuhan sendiri.

Suasana acara buka bersama di Panti Asuhan Mukti Insani Bantul, Sabtu 6 April 2024. Foto: Istimewa

Selain hidangan berbuka yang disajikan prasmanan untuk meminimalisir timbulnya sampah, kegiatan ini telah berhasil mengumpulkan sekitar Rp 2 juta untuk diberikan kepada Panti Asuhan Mukti Insani yang membina dan merawat anak-anak berkebutuhan khusus atas dukungan yang diberikan oleh Gifood, Kasuli, Gerakan 10.000 dan penggalangan dana secara online.

Romansa mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua donatur, relawan, pengisi acara yakni Yuliono Singsot dan Bawayang, pengurus dan anak-anak panti khususnya atas dukungan mereka dalam menyukseskan acara ini. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *