Komunitas Pecinta Alam SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Melakukan Susur Gua Cerme

beritabernas.com – Komunitas Pencinta Alam Semesta SMA BOPKRI 1 Yogyakarta (Kompas Bosa) melakukan kegiatan susur gua (caving) di Gua Cerme wilayah Srungo, Selopamioro Kabupaten Bantul pada Sabtu 16 Maret 2024.

Kegiatan Susur GuaCerme ini diikuti 16 peserta didik dengan 5 pendamping yaitu Lukas Istiadi, Jarot Himawan, Cita Murti, Dika dan Ardy sebagai pelatih pecinta Alam dan Pembina Pramuka SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Sebelum melaksanakan kegiatan susur gua, peserta didik menerima materi tentang teknik dan cara menggunakan peralatan susur gua. Dalam materi tersebut juga disampaikan beberapa hal yang dilarang maupun diperbolehkan ketika melakukan susur gua yaitu dilarang mengambil sesuatu kecuali foto, dilarang membunuh sesuatu kecuali waktu, dilarang meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki. 

Anggota Komunitas Pencinta Alam Semesta SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Foto: Istimewa

Susur gua (caving) kali ini dilakukan dari pintu masuk Gua Cerme di wilayah Srungo, Selopamioro, Kabupaten Bantul dan keluar di Padukuhan Ploso, Kalurahan Girikerto,Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. 

Gua Cerme merupakan salah satu wisata gua, yang memiliki sungai bawah tanah dimana air yang mengalir sepanjang gua sangat jernih. 

Ketinggian air rata-rata selutut orang dewasa, dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam dengan panjang gua 1,2 kilometer. Di dalam Gua Cerme bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan dimana batu-batu terlihat seperti diukir dan berkilau bagaikan kristal yang gemerlap bila terkena cahaya. 

BACA JUGA:

“Peserta didik dibuat terpana dengan keindahan berbagai stalagmit dan stalagtit yang terdapat dalam gua dengan membentuk sodastraw, moonmilk hingga flow stone,” kata Lukas Istiadi , Pembina Pecinta Alam SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Jika berkunjung saat musim hujan akan melihat derasnya aliran air terjun walaupun tidak berukuran besar dan tetap terlihat indah. Dengan melakukan perjalanan menyusuri selama kurang lebih 2 jam tidak akan merasa lelah, karena di sepanjang perjalanan akan melihat keindahan yang luar biasa. Di dalam gua dapat juga ditemui beberapa binatang seperti kelelawar, jangkrik maupun ikan. 

Pencinta Alam Semesta SMA BOPKRI 1 Yogyakarta menyusuri Gua Cermen. Foto: Istimewa

Untuk tiket retribusi masuk kawasan Gua Cerme sangat terjangkau yaitu Rp 6.000, Rp 3.000 untuk masuk lorong, sedangkan jika menggunakan jasa pemandu dengan biaya 60.000 untuk 12 peserta atau 5.000 per orang.

Jika kita datang dan tidak membawa peralatan dan perlengkapan susur gua, pengelola juga menyediakan penyewaan antara lain helm seharga Rp 5.000, senter Rp 5.000 dan sepatu Rp 10.000.

Dalam kegiatan ini, para anggota komunitas Pecinta Alam SMA Bopkri 1 Yogyakarta diharapkan semakin menyadari bahwa dengan mengadakan kegiatan susur gua rasa cinta dan peduli terhadap kelestarian alam semakin besar. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *