Laguna Opak, Obyek Wisata Baru yang Sangat Keren di Bantul

beritabernas.com – Pernah mendengar Laguna Opak? Itu obyek wisata baru yang sangat keren di Bantul, DIY. Letaknya tak jauh dari Pantai Depok, Bantul yang terkenal dengan pasar ikan atau tempat pelelangan ikan terbesar di DIY itu.

Laguna Opak merupakan obyek wisata air yang indah dan menakjubkan. Laguna ini merupakan muara atau hilir Sungai Opak yang terkenal itu. Laguna ini sangat luas, airnya jernih dan tenang tanpa ombak. Pemandangannya sangat indah, terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam (sunset).

Seorang wisatawan selfie dari Jembatan Opak dengan latar belakang Laguna Opak dan arena permainan anak-anak Laguna Opak. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Setiap hari, terutama hari-hari libur, ratusan atau bahkan ribuan wisatawan datang berkunjung ke Laguna Opak yang berada persis di bawah jembatan Sungai Opak yang menghubungkan Bantul selatan dan Kulonprogo selatan yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sekitar dua bulan lalu itu.

Untuk menuju Laguna Opak sangat mudah. Dari Jalan Parangtritis Bantul hingga sebelum TPR Pantai Parangtritis belok ke kanan arah Pantai Depok. Setelah TPR Pantai Depok sekitar 50 meter sampai perempatan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) nyeberang sedikit lalu belok ke kanan menuju Laguna Opak.

Untuk masuk ke Lagun Opak cukup bayar parkir mobil Rp 10.000 atau sepeda motor Rp 3.000. Sebelumnya, di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) membayar Rp 10.000 per orang.

BACA JUGA:

Ketika di Laguna Opak, wisatawan disuguhi pemandangan yang indah dan menakjubkan, terutama di sore hari. Selain hamparan laguna yang sangat luas dengan air Sungai Opak yang bening atau jernih, kita disuguhkan sinar matahari sore dengan cahaya yang memantul di permukaan air. Semakin sore dan semakin matahari tenggelam ditelan bumi, pemandangan semakin indah.

Menikmati keindahan matahari terbenam lebih memuaskan bila kita sambil naik perahu/kapal kecil yang disediakan warga setempat. Dengan hanya membayar Rp 20.000 per orang, kita bisa mengelilingi Laguna Opak yang luas selama lebih dari setengah jam dengan air yang tenang.

Saat naik perahu, kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan bentangan jembatan Opak yang panjang di atas laguna. Kita juga bisa menikmati kepiawaian sejumlah wisatawan yang bermain jetsky di sisi selatan bagian timur.

Seorang wisatawan mengabadikan pemandangan sunset dari atas perahu dengan Jembatan Opak yang membentang di atas Laguna Opak. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Labuanbajo, cukup ke Laguna Opak saja sudah bagus. Dekat, murah dan tak kalah indahnya dengan di Bali dan Labuanbajo,” kata Lidya, seorang pengunjung asal Jogja.

Di tepi laguna ratusan pengunjung duduk santai menikmati keindahan laguna. Warung-warung pun tersedia lengkap di tepi area parkir dengan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

“Setiap hari di sini ramai, terutama hari Sabtu dan Minggu atau hari-hari libur. Alhamdulilah warung-warung juga ramai dan laris,” kata seorang pemilik warung kepada beritabernas.com, Sabtu 26 Agustus 2023. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *