Kedung Parangan, Keindahan Alam yang Tersembunyi di Imogiri Bantul

beritabernas.com – Imogiri, Bantul ternyata tak hanya punya pusat batik tulis dan Makam Raja-raja, namun di kecamatan/kapanewon ini juga memiliki surga tersembunyi. Salah satu destinasi wisata yang lagi viral karena keindahannya tersebut bernama Kedung Parangan atau ada yang menyebutnya Lembah Oya.

Untuk sampai ke lokasi tersebut memang butuh perjuangan karena akses jalannya belum mulus. Jika memakai mobil harus memutar melalui SPN Selopamioro, namun jika menggunakan sepeda motor lewat SMP 2 Imogiri ke timur melewati jembatan Kedungjati ke selatan sekitar 5 kilometer.

Namun lelah yang dirasa terbayar dengan pesona alam indah menawan. Air jernih dipadu bebatuan mampu memanjakan mata. Latarbelakang bukit menghijau semakin menambah kenyamanan.

Obyek wisata Kedung Parangan di Imogiri, Bantul yang ekssotif. Foto: Sutanto

Pengunjung yang bisa berenang bisa sepuasnya bermain di air, sedangkan yang tak bisa berenang bisa merasakan sensasi dengan naik kano yang dilengkapi pelampung dengan biaya terjangkau

Menurut Ahmad, salahsatu pemuda pengelola, destinasi ini tergolong baru swadaya masyarakat dikelola muda mudi Kedungjati Selopamioro Imogiri.

“Lokasi ini baru kami buka 3 bulanan.Alhamdulillah tanggapan masyarakat cukup bagus, banyak yang datang terutama Sabtu Minggu. Bahkan ada juga yang menginap,” ujarnya, Minggu 6 Agustus 2023.

BACA JUGA:

Salah satu pengunjung dari Sanden, Sutanto mengaku cukup cukup puas menikmati alam perawan yang sangat memikat. Potensi yang dimiliki Kedung Parangan ini mesti didukung dengan akses jalan yang bagus agar semakin banyak wisatawan yang datang. Termasuk sarana toilet dan warung penyedia makan minum.

“Salut untuk muda mudi yang berinisiatif mengelola lokasi ini. Semoga langkah mereka mendapat dukungan dari sponsor maupun dinas terkait, sehingga makin tertata dan lengkap sarana prasarananya,” harap Tanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *