Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Uskup Agung Semarang Mengeluarkan Surat Gembala

beritabernas.com – Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko mengeluarkan surat gembala. Surat gembala tertanggal 1 Agustus 2023 itu dibacakan dalam misa mingguan pada Sabtu 12 Agustus dan Minggu 13 Agustus 2023.

Dalam surat gembala itu, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko menjelaskan makna tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang diusung pemerintah yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Menurut Uskup Agung Semarang, tema ini menyatakan suatu tekad sekaligus ajakan kepada seluruh anak bangsa untuk melanjutkan capaian-capaian pembangunan yang telah diperjuangkan hingga sekarang ini guna mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Dikatakan, menjaga keberlanjutan pembangunan tidak berarti menolak terjadinya atau adanya perubahan. Demikian pula sebaliknya, mengusahakan perubahan tidak berarti membuang semua hal baik yang telah dihasilkan di masa lalu.

Uskup KAS Mgr Robertus dalam misa raya. Foto: Istimewa

“Terus melaju menegaskan semangat bersama untuk mengakselerasi atau mempercepat lajunya pembangunan yang sudah kita jalani. Percepatan pembangunan ini dimaksudkan demi rakyat Indonesia yang semakin sejahtera, adil dan makmur berlandaskan Pancasila,” kata Uskup Agung Semarang Mgr Robertus.

Menurut Mgr Robertus, melanjutkan gerak pembangunan dan kebangkitan pada era endemi Covid-19 adalah upaya yang tepat. Inilah saatnya untuk benar-benar bersatu dan bersinergi dalam satu irama, satu asa atau harapan dan satu bangsa demi Indonesia maju. Bukan saatnya lagi untuk memikirkan hanya kepentingan pribadi, kelompok atau golongan sendiri, melainkan untuk Indonesia seluruhnya.

“Kita seluruh anak bangsa mesti saling bergandengan tangan dan bersama-sama bergotong-royong demi kesejahteraan rakyat dan demi tersedianya sumber daya unggul, hingga kita sungguh-sungguh siap berkompetisi di panggung dunia,” kata Mgr Robertus.

BACA JUGA:

Tema perayaan kemerdekaan kali ini, menurut Uskup Agung Semarang, sangat cocok dan nyambung dengan tekad kita membangun bangsa menuju IndonesiaMaju 2045. Kesadaran bersama ini harus benar-benar tertanam di hati seluruh warga bangsa agar, di tengah persiapan menyambut pemilu serentak 2024, jangan sampai kita dipecahbelah oleh kepentingan sesaat yang berorientasi pada kekuasaan semata.

Sebab, keterpecahan persaudaraan sebagai bangsa hanya akan mengganggu perjalanan mewujudkan cita-cita Indonesia Maju 2045 yang 4 pilar visinya sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan dan pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan. (lip)




There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *