Merajut Kembali Persaudaraan, Puluhan Mantan Karyawan dan Wartawan Harian Bernas Reuni

beritabernas.com – Untuk merajut kembali tali persaudaraan yang secara fisik terputus beberapa tahun bahkan ada yang puluhan tahun, sekitar 50 mantan karyawan dan wartawan Harian Bersnas Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta menghadiri acara reuni di Waroeng Omah Lodeh, Jalan Arjuna, Getas, Mlati, Sleman, Minggu 9 Juni 2024.

Acara reuni yang berlangsung santai dan penuh persaudaraan ini diisi dengan nyamil-nyamil, gojek bareng, saling bertukar informasi tentang posisi masing-masing sekarang, makan bersama, nyanyi-nyanyi, saling tukar kado dan pembagian doorprize.

Di antara mantan karyawan/wartawan yang hadir dari bagian iklan, Daryanto, Lis K Putri, Titin, Iis dan sebagainya dan bagian redaksi antara lain Bambang Sigap Sumantri, Krisno Wibodo, Farid, Agus Widartono, YB Margantoro, Adi Rustanto, Hery Prasetyo, Sony de Rosari, mantan karikaturis Kuss Indarto dan pengisi rubrik Tak Tik Bisnis di halaman Ekonomi yang juga pensiunan Dosen ASMI St Maria Yogyakarta Z Bambang Darmadi, Hedjoko, Dedi H Purwadi, Ali Subchi serta dari bagian sirkulasi, keuangan dan sebagainya.

YB Margantoro (kedua dari kanan) mendapat doorprize utama berupa kompor gas yang diserahkan oleh Daryanto (kiri) mantan karyawan bagian iklan dan kini pemilik perusahaan periklanan PADI Adverstising. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Agus Widartomo, salah satu inisiator reuni, mengatakan, acara reuni yang sudah dilakukan beberapa kali sejak Harian Bernas beralih manajemen dari Harian Kompas ke manajemen baru di bawah payung PT Media Bernas Jogja, sebagai salah satu upaya untuk terus merajut tali persaudaraan di antara para mantan karyawan dan wartawan Harian Bernas.

Sebab, selama bersama-sama di Harian Bernas di bawah manajemen Harian Kompas sejak tahun 1990, hubungan karyawan dan wartawan seperti keluarga bersama hingga berpisah pada Agustus 2004 setelah Harian Bernas beralih manajemen.

BACA JUGA:

“Meski secara fisik kita berpisah dan sebagian dari kita tidak bertemu selama bertahun-tahun bahkan ada yang sudah puluhan tahun, namun hubungan persaudaraan dan kekeluargaan kita tetap terjalin, antara lain melalui acara temu kangen atau reuni seperti ini. Kita seperti keluarga besar yang hanya dipisahkan oleh waktu dan tempat, namun hubungan pertemanan dan persaudaraan secara psikologis tetap terjaga dan dirawat melalui reuni seperti ini,” kata mas AWD-sapaan Agus Widartono yang juga sebagai inisialnya saat menjadi wartawan hingga redaktur Harian Bernas Sudirman 52.

Suasana santai reuni mantan karyawan/wartawan Harian Bernas, Minggu 9 Juni 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Krisno Wibowo, salah satu redaktur handal halaman opini Harian Bernas, mengatakan, apa pun pekerjaan kita saat ini dan dimana pun berada, kita tetap bersaudara dalam paguyuban Panbers (Panciunan Bernas). Karena itu, acara reuni atau temu kangen seperti ini harus terus dilakukan, berapa pun yang bisa hadir.

Sementara Bambang Sigap Sumantri, mantan Redaktur Pelaksana Harian Bernas, mengatakan, meski usia kita sudah semakin tua namun harus tetap optimis dan menjaga kondisi kesehatan. Dengan selalu optimis maka kita akan tetap sehat lahir dan batin bahkan tetap produktif di usia yang semakin tua.

Sehingga puisi pengantar undangan: Melawat ke Madiun lewat Yogyakarta. Meski sudah pensiun, tetaplah bahagia benar-benar menjadi nyata bila selalu optimis.

Pada kesempatan ini, sejumlah mantan karyawan/wartawan menceritakan kembali pengalaman unik dan menarik, baik yang berhubungan langsung dengan pekerjaan maupun tidak, selama bekerja di Harian Bernas. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *