Universitas Katolik Darma Cendika dan Pemkot Surabaya Mengadakan Pengabdian Masyarakat

beritabernas.com – Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur mengadakan pengabdian kepada masyarakat di RW IV Jalan Maspati Gang I Bubutan, Surabaya.

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh UKDC Surabaya bersama Pemkot Surabaya dilakukan di RW IV karena daerah tersebut termasuk kota tua di Surabaya yang berdiri sejak zaman Keraton Mataram. RW IV Jalan Maspati Gang I merupakan kampung di tengah kota yang asri, memiliki banyak tanaman sehingga udaranya segar.

Pada tahun 2024 ini, Kampung Bubutan, khususnya RW IV, mengadakan persiapan lomba proklim tingkat nasional. Kampung Bubutan diwakili oleh RW IV karena lingkunganya segar berkat kesadaran warga untuk menanam pepohonan.

Warga RW IV peserta pelatihan foto bersama narasumber dari UKDC. Foto: Dok UKDC

Di antara pepohonan itu, banyak jenis pohon blimbing. RW IV ingin kampungnya dikenal sebagai kampung Blimbing. Untuk branding kampung RW IV ini bekerja sama dengan UKDC.

Pada tahap pertama pengabdian masyarakat, UKDC menurunkan tiga kelompok pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar tri dharma perguruan tinggi. Kelompok penulis mendapatkan tugas menyelenggarakan pelatihan untuk mendukung Kader Surabaya Hebat (KSH). Menurut Ketua RW IV Kampung Bubutan Diki Ernawan ST, tugas KSH akan diperluas sampai dengan menggerakkan ekonomi produktif di RW.

BACA JUGA:

RW IV di bawah kepemimpinan Diki Ernawan ST memiliki 6 Rukun Tangga (RT). Dalam program kerja RW IV, KSH akan ditambah untuk intern mereka sendiri. Oleh karena itu diperlukan pelatihan terkait literasi keuangan dan entrepreunership.

Pelatihan dipilih oleh para kader bersama Ketua RW IV sebagai dasar untuk membuka usaha. Sebab, sebagai calon pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) diperlukan dasar-dasar pemahaman keuangan dan kewirausahaan. Latihan keuangan dibawakan oleh Yohanes Fabiola Halan S.Ak M.Ak CA Asean CPA, praktisi keuangan di Kota Surabaya. Sedangkan pelatihan entrpreunership disampaikan oleh H Wisnu Kristiadi SS MM, praktisi pemberdayaan masyarakat di Surabaya.

Peserta pelatihan menyimak materi yang disampaikan narasumber. Foto: Dok UKDC

Pelatihan dilaksanakan dua kali, yaitu pada akhir Apirl 2024 dan awal Mei 2024, diikuti oleh 12 KSH dan 12 perwakilan dari RT, masing-masing RT dua orang. Pelatihan dilaksanakan di ruang terbuka yang dimiliki oleh RW IV.

Sebelum pelatihan dimulai dilaksanakan brainstorming untuk menggali usulan para kader pelatihan apa yang cocok atau sesuai untuk warga RW IV Kampung Bubutan Surabaya ini.

Dari pelatihan literasi keuangan, para kader mendapatkan informasi bagaimana merencanakan keuangan, menentukan harga pokok penjualan, bagaimana mendapatkan kembali modal yang sudah dikeluarkan. Para peserta juga diminta untuk mempraktikkan pelatihan dengan cara merencanakan kebutuhan biaya untuk calon usaha yang akan dirintis. Untuk urusan modal usaha, warga bisa meminjam di koperasi atau bank yang menjadi mitra dari Pemerintah Kota Surabaya.

Dalampelatihan entrepreunership, peserta diajak melihat minat dan kepribadiannya. Dengan mengetahui minat dirinya itulah kemudian digali lebih mendalam sebenarnya seseorang memiliki kemauan menjadi wirausaha atau tidak.

Suasana pelatihan. Foto: Dok UKDC

Para peserta sangat senang mendapatkan pelatihan. Mereka merasa memiliki pengetahuan baru dan bekal untuk membuka usaha membangun penguatan ekonomi rumah tangga. Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat ini, sangat memberikan kemudahan pelaksanaan usaha. Semua usaha dari perencanaan, marketing sampai dengan penjualan produk bisa berbiaya murah karena dukungan teknologi informasi. Para usahawan, secara khusus UMKM, bisa mengatur sendiri waktu, berkreasi sendiri dengan menyesuaikan sumber daya yang dimiliki.

Pada akhir pelatihan, Ketua RW IV Kampung Bubutan Jalan Maspati Gang 1 mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian msyarakat UKDC divisi pelatihan yang dikomandani oleh Dra Yuliana Sri Purbiyati MPd dengan anggota Nia Yuniarsih SE MSA dan Monica Candra Tjajadi yang telah menyelenggarakan acara pelatihan dengan mendatangkan pakar di bidangnya.

Para peserta juga mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman pelatihan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk penguatan ekonomi keluarga (Ditulis oleh: Yuliana Sri Purbiyati, Nia Yuniarsih dan Monica Candra Tjahjono)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *