Pangeran Diponegoro Meriahkan Peringatan HUT RI ke-78 di Krapyak

beritabernas.com – Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro lengkap dengan sorban putih sambil menunggang kuda, tampak hadir di tengah kerumunan massa. Selain itu, sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) seperti pesawat tempur dan tank, lengkap dengan pasukan berseragam dan bersenjata senapan laras panjang, memenuhi jalan utama RW 54 Padukuhan Krapyak Lor, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Kamis 17 Agustus 2023.

Semangat perjuangan tampak nyata dalam drama pertempuran yang perankan warga di Krapyak, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Kamis (17/8/2023). Foto: Istimewa

Beragam replika alutsista dan tugu Jogja  yang terbuat dari kardus, styrofoam dan sejumlah barang bekas tersebut, seolah tampak nyata sedang berada dalam medan pertempuran. Pun muncul pula sosok pahlawan nasional Pangeran Diponegoro dengan gagah menaiki kuda putih di tengah kerumunan massa yang hiruk dalam suasana perang. Begitulah warga Krapyak memaknai HUT ke-78 Kemerdekaan RI tersebut.

BACA JUGA:

Dimulai dengan upacara bendera disusul dengan kirab yang diikuti seluruh warga tampak semarak. Kepada beritabernas.com, salah seorang warga Rinto mengatakan, acara tersebut diharapkan menambah guyub rukun antar warga dan meningkatkan kreativitas. Juga meningkatkan jiwa nasionalisme.

Teaterikal proses penulisan naskah Proklamasi, saat Peringatan HUT RI ke-78 di Padukuhan Krapyak, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Kamis (17/8/2023). Foto: Istimewa

Selama acara berlangsung sebagian warga Krapyak seolah ikut hanyut dalam dramaturgi pertempuran yang tengah berlangsung. Sesekali terlontar decak kagum dari anak-anak yang melihat. Juga sorak gembira terluap tatkala musuh tertembak.

Selain maskot penanda lokasi,  juga terdapat properti senapan, senjata tajam dan bambu runcing. “Setiap warga RT mempunyai ciri khas properti pelengkap dan kostumnya masing masing. Sehingga semua bisa terlibat,” kata Rinto. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *