Upacara Bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kedung Jati Dihadiri Perwakilan IKPNI

beritabernas.com – Upacara bendera memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI lapangan Kedung Jati, Kecamatan Kedung Jati, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Kamis 17 Agustus 2023 dihadiri perwakilan IKPNI (Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia).

Dalam upacara tersebut, Kuspriyati S.STP MH, Kepala Kecamatan/Camat Kedung Jati, tampil sebagai inspektur upacara. Upacara bendera di Kedung Jati ini dihadiri Komandan Koramil, Kepala Polsek, anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia), seluruh kepala desa dan tamu undangan di lingkungan Kecamatan  Kedung Jati. 

Widi Nugroho Sahib, warga Kedung Jati, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Minggu 20 Agustus 2023, mengatakan, dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara Kuspriyati membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo menyampaikan salam perpisahan sebagai Gubernur Jawa Tengah karena per 5 September 2023 masa jabatannya berakhir. 

Perwakilan IKPNI hadir bersama Danramil dan Kapolsek Kedung Jati saat menghadiri upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kedung Jati, 17 Agustus 2023. Foto: Istimewa

Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo meminta masyarakat Jawa Tengah untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan sesuai bidang dan kapasitas masing-masing.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga dan penanaman pohon oleh kepala kecamatan, Komandan Koramil dan Kepala Polsek di Taman Makam Bhakti Pahlawan Karang Jati diikuti oleh seluruh rombongan. 

Di Taman Makam Bhakti Pahlawan, terlihat beberapa pusara, di antaranya pusara/makam K Hardjo Prayitno (Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia ), Sri Soebekti (Pejuang Kemerdekaan yang meninggal saat melawan penjajah bersama Jenderal TNI LB Moerdani), Kapten ARM R Toeloes Reksokoesoemo dan pusara lainnya. 

Kuspriyati S.STP MH, Camat Kedung Jati, saat menjadi inspektur upacara. Foto: Istimewa

Usai acara tabur bunga dilanjutkan dengan ramah tamah di Gedung BPLKMD yang diisi kegiatan berupa penyerahan buku dari IKPNI masing-masing kepada camat dan Ketua LVRI. Kemudian penyerahan cindera mata kepada camat, Dandramil dan Kaplsek dan 5 anggota LVRI di Kecamatan Kedung Jati. 

Bakti sosial dan penghijauan 

Sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, juga dilaksanakan bakti sosial berupa penyerahan paket sembak oleh Kapten CBA Aniful Murtadlo selaku Dadramil kepada 20 keluarga tidak mampu.

BACA JUGA:

Sementara penghijauan dengan penanaman 3 pohon kurma di Situs Sonde oleh camat, Dandramil dan Kaplosek. Menurut informasi dari masyarakat Kedung Jati, Situs Sonde adalah lokasi Sunan Kaliaga ketika beristirahat dan bersandar (ngaso lan semendhe) pada sebuah pohon besar di tepi Sungai Tuntang saat dalam perjalanan menuju Demak, membawa kayu-kayu dari pohon Jati untuk membangun Masjid Demak. 

Momentum peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini juga diisi dengan penanaman pohon-pohon buah konsumsi di lokasi Sonde yang berada di lahan milik ahli waris R Soedjio Reksokoesoemo. Pohon-pohon yang ditanam, seperti Kurma, Mangga, Nangka, Belimbing, Jambu Kristal, Kelor, Buah Tin dan sebagainya. 

Ahli waris R Soedjio Reksokoesoemo yang menjadi pemilik lahan berharap agar keberadaan Sonde menjadi lebih terbuka dan bermanfaat untuk masyarakat. Kelak saat pohon-pohon tersebut berbuah bisa dinikmati oleh masyarakat, dengan tetap menjaga kebersihan dan aktif memelihara Sonde sebagai RPTH (Ruang Publik Terbuka Hijau) dengan konsep Tabura (Taman Buah Rakyat). 

Perwakilan IKPNI mengunjungi Stasiun Kereta Api Kedung Jati. Foto: Istimewa

Keberadaan Kecamatan Kedung Jati kini makin menarik untuk dibangun lebih sejahtera secara bersama- sama dengan seluruh perangkat kepentingan. Hal ini diungkapkan oleh Kuspriyati S.ST MH, Camat Kecamatan Kedung Jati. 

“Kami bersama-sama seluruh perangkat kepentingan dan warga Kedung Jati yang di perantauan berkolaborasi untuk membangun wilayah ini menjadi sejahtera,” ujar Kuspriyati.

Salah satunya, sesuai program pemerintah pusat yaitu pencegahan dan pemberantasan stunting untuk wilayah Kecamatan Kedung Jati tercatat ada 27 anak yang menjadi target bersama dalam pencegahan dan pemberantasan stunting. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *