Pekan Dewantara 2023, Cakra Dewantara Menggelar Sejumlah Kegiatan

beritabernas.com – Cakra Dewantara Museum Dewantara Kirti Griya akan menggelar Pekan Dewantara 2023 yang diisi dengan sejumlah kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai 28 Oktober 2023 sampai dengan puncak acara pada 24 November 2023.

Cakra Dewantara Museum Dewantara Kirti Griya merupakan sebuah komunitas non profit yang didirikan anak-anak muda yang mencintai Museum Dewantara Kirti Griya. Komunitas ini fokus menyelenggarakan berbagai kegiatan museum agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan membumikan ajaran dan nilai-nilai pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional.

Endah Mutia, Humas event Pekan Dewantara 2023 kepada beritabernas.com, Kamis 19 Oktober 2023, mengungkapkan, event Pekan Dewantara digelar rutin setiap tahun dan tahun ini mengangkat tema Jelajah Bumi Tamansiswa: Merangkul Batas-batas, Membangun Inklusivitas.

Dikutip beritabernas.com dari proposal panitia, Pekan Dewantara 2023 bertujuan untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat akan kehadiran Museum Dewantara Kirti Griya yang dapat digunakan sebagai wadah edukasi. Selain itu, untuk membangun inklusivitas di setiap lapisan masyarakat agar tidak terjadi diskriminasi.

BACA JUGA:

“Pekan Dewantara juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang setara bagi semua kalangan, bahkan kalangan tidak memiliki keterbatasan,” demikian tertulis dalam proposal Pekan Dewantara 2023.

Tema Jelajah Bumi Tamansiswa: Merangkul Batas-batas, Membangun Inklusivitas diangkat karena Tamansiswa merupakan salah satu penggerak dari adanya pendidikan inklusi sekaligus penegasan bahwa semua manusia berhak mendapatkan pendidikan yang sama alias setara. Tidak ada diskriminasi atas alasan mengapa seorang manusia diciptakan, karena pada dasarnya Tuhan Yang Maha Esa menciptakan seluruh makhlukNya dengan kesempurnaan yang paling sempurna.

Menurut Endah Mutia, beberapa rangkaian kegiatan selama Pekan Dewantara 2023 yakni Banyu Segara dilaksanakan pada 28 Oktober 2023, Dewantara Menulis dilaksanakan pada 4 November 2023, Nyerat atau Nyeritake Tamansiswa, Napak Tilas dilaksanakan pada 11 November 2023 dan penutupan pada 24 November 2023. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *