Kadin Bersama Dinas Koperasi dan UKM DIY Gelar Talkshow

beritabernas.com – Diskop dan UKM DIY fokus mengembangkan UMKM dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Selain itu, memfasilitasi UMKM dalam pemasaran produk melalui SiBakul (Market Hub), Galeri Pasar KotaGede (Bandara YIA), Galeri PLUT Jogja dan Teras Malioboro.

Hal itu disampaikan Sr Nurkyatsiwi, Kepala Diskop UKM DIY, dalam talkshow dengan tema Bersama Kadin, UKM Kuat Ekonomi Heba yang diselenggarakan di Kantor Diskop UKM DIY, Kamis 19 Oktober 2023. Selain Sr Nurkyatsiwi, tampil sebagai narasumber Vivi Susanti (Ketua Komite Tetap Penyelesaian Perselisihan KadinN Indonesia), Robby Kusumaharta (Wakil Ketua Umum Organisasi & Keanggotaan Kadin DIY) dengan moderator Rommy Heryanto (Ketua Komite Tetap Pelatihan Vokasional Bidang SDM & Ketenagakerjaan Kadin DIY).

Para narasumber dan moderator dalam talkshow. Foto: Y Sri Susilo

Menurut Nurkyatsiwi, UMKM DIY, termasuk ultra mikro, terus difasilitasi dan didampingi untuk naik kelas. Sementara Vivi Susanti, Ketua Komite Tetap Penyelesaian Perselisihan KadinN Indonesia, mengatakan, Kadin juga sangat peduli kepada UMKM. Kepedulian itu diwujudkan dalam bentuk dukungan pelatihan dan pendampingan manajemen usaha.

Di samping itu, menurut Vivi Susanti, Kadin juga mendorong UMKM bergabung menjadi anggota Kadin di daerah masing-masing. Bahkan Kadin Indonesia bekerjasama dengan Kadin DIY memfasilitasi UMKM untuk mengembangkan usaha, termasuk ekspor produk UMKM.

Sedangkan Robby Kusumaharta mengatakan, Kadin DIY akan memfasilitasi 1.000 UMKM untuk menjadi anggota Kadin DIY. Untuk tahap awal akan memberi prioritas kepada UMKM (kategori Ultra Mikro dan Mikro) yang terdaftar di SiBakul.

BACA JUGA:

Dikatakan, Kadin DIY juga bersinergi dan berkolaborasi dengan Diskop UKM DIY dalam upaya mengembangkan UMKM untuk naik kelas.

Y Sri Susilo, Ketua Komite Tetap Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY, mengatakan, talkshow digelar atas kerjasama Kadin DIY dan Kadin Indonesia beserta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY.

Talkshow yang didukung oleh Diskop UKM DIY dan dana keistimewaan memberikan rekomendasi bahwa upaya UMKM naik kelas harus didukung seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah (pusat dan daerah), asosiasi pengusaha (Kadin), perguruan tinggi (PTN/PTS), Bank Indonesia, perbankan dan media massa.

‚ÄúDengan meningkatkan kinerja UMKM maka kontribusinya baik dalam penyerapan lapangan kerja dan penciptaan nilai tambah juga akan meningkat,” kata Y Sri Susilo dakam rilis yang dikirim kepada media, Jumat 20 Oktober 2023. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *