Pengurus DPW dan DPD Paguron Jalak Banten Nusantara DIY Dikukuhkan

beritabernas.com – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguron Jalak Banten Nusantara se-DIY dikukuhkan di Sasana Jemparingan Sambi Sena, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY, Minggu 25 Juni 2023.

Acara pengukuhan Pengurus DPW dan DPD Paguron Jalak Banten Nusantara DIY ini berlangsung sangat meriah diawali dengan kirab Pusaka Nusantara membawa sepasang tombak pusaka “Kyai Udan Berkah” sebagai perlambang permohonan keberkahan kepada Yang Maha Kuasa. Tombak pusaka tersebut dipanggul oleh 4personil Komando Inti (Koti) Pemuda Pancasila Kecamatan Depok, Sleman.

Menurut Ketua DPW Paguron Jalak Banten Nusantara DIY RMB Ariyanto, prosesi kirab diawali dengan penampilan 40 pasukan Bergodo Prajurit Sambi Raharjo dengan senjata tombak dan panah dengan iringan musik yang rancak dan semangat.

Seni gejog lesung ikut memeriahkan acara pengukuhan DPD dan DPW Paguron Jalak Banten Nusantara se-DIY, Minggu 25 Juni 2023. Foto: Istimewa

Kemudian disusul oleh Bergodo Prajurit sekitar 25 pesilat dari SD Nanggulan binaan Popsi Bayu Manunggal. Lalu berturutturut mengikuti Grup Tari Edan-Edanan Sambi Anjani, Grup Gejog Lesung Sambi Rahayu,  Grup Barongsai Arya Grup dari Wonosobo dan Santriwati Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri. Kirab terasa makin semarak dengan kehadiran dua gerobak sapi yang di tumpangi Dewan Pembina PJBN DIY dan Pengurus Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri.

Perjalanan kirab berlangsung selama 45 menit dangan titik awal di Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri Sambilegi menuju Lapangan Jemparingan Sambi Sena, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Di Lapangan Jemparingan Sambi Sena digelar pentas seni dan budaya menampilkan Tari Edan-Edanan, Gejok Lesung, Pencak Silat, Demo Jemparingan yang dipandu oleh Grup Jemparingan Sambi Sena Sambilegi dan Atraksi Barongsai serta santunan kepada anak anak yatim dan dhuafa binaan Panti Asuhan Sasana Kreatif Mandiri.

Yani Saptohudoyo (kelima dari kiri) ikut menghadiri acara pengukuhan DPD dan DPW Jalak Banten Nusantara se-DIY, Minggu 25 Juni 2023. Foto: Istimewa

Sebagai penutup acara dilakukan Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Paguron Jalak Banten DIY oleh Dewan Pimpinan Pusat yang diwakili oleh Kepada Bidang SDM Adi Kurniawan. Pada kesempatan itu, Adi Kurniawan berharap seluruh Pengurus PJBN di Yogyakarta agar tetap kompak dalam menjalankan organisasi dan menjadi ujung tombak pelestari seni dan budaya. “Selamat bertugas menjadi pelestari seni dan budaya di bawah naungan Paguron Jalak Banten Nusantara,” ucap Adi Kurniawan.

BACA JUGA:

Pengukuhan Pengurus DPD Paguron Jalak Banten se-DIY dilakukan oleh Ketua  DPW DIY RMB.Ariyanto & Sekretaris DPW DIY Moh Fausi SH MH. Sementara ini untuk DIY sudah terbentuk 4 DPD, yaitu Bantul, Sleman, Gunungkidul dan Kota Jogja. “Pada Kamis 28 Juni membentuk DPD Kulonprogo,” kata Ketua DPW PJBN DIY yang akrab dipanggil Ariyo

Acara pengukuhan dihadiri Dewan Penasehat DPW PJBN DIY Brigjen Pol (Purn) Drs Muharom Riyadi, Dra Hj Sofiatun Gudono MSi AkCPA, tokoh masyarakat budaya Jogja Yani Saptohudoyo, perwakilan dari Polda DIY Kompol Maryoto, Anggota DPRD Sleman Budi Sanyoto, Dukuh Sambilegi Kidul Febrianto dan seluruh pecinta seni budaya Dusun Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *