Prodi Profesi Arsitek UII Kembali Melahirkan Tenaga Arsitek Baru yang Kompeten

beritabernas.com – Program Studi (Prodi) Profesi Arsitek, FTSP UII kembali melahirkan 12 arsitek baru setelah tuntas mengikuti proses pembelajaran selama 1 tahun dengan 36 SKS berupa 9 mata kuliah wajib dan pilihan.

Para arsitek baru yang mengikuti Sumpah Keprofesioan Arsitek Angkatan 12 di Auditorium Kampus FTSP UII, Sabtu 16 Desember 2023 memiliki kemampuan atau kompetensi yang mumpuni di bidang arsitek.

Menurut Ketua Program Studi Profesi Arsitek FTSP UII Dr Ar Yulianto Purwono Priatmaji ST MT IPM IAI, para lulusan Prodi Profesi Arsitek UII angkatan ke-12 mengikuti sumpah profesi arsitek setelah tuntas menjalani proses pembelajaran selama 1 tahun dengan menempuh 36 SKS berupa 9 mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan.

Sebanyak 12 lulusan Prodi Profesi Arsitek UII mengikuti Sumpah Keprofesian Arsitek, Sabtu 16 Desember 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Mereka belajar architect leadership dengan beragam disiplin ilmu di mata kuliah Studio Arsitek Profesional multidisiplin yang dilaksanakan di dalam kampus bersama para tenaga ahli multidisiplin yaitu ahli mekanikal elektrikal, ahli struktur dan ahli teknik lingkungan.

Dikatakan, pata mahasiswa berperan menjadi arsitek yang mengkoordinasikan perancangan dengan kasus nyata. Architect leadership in community melalui mata kuliah Studio Arsitek Profesional partisipatory yang dikerjakan bersama klien masyarakat dan atau komunitas.

“Mahasiswa berperan menjadi pendamping masyarakat untuk menemukan solusi desain rancangan. Kegiatan kerja praktik dilakukan di perusahaan Ponsultan Perencana anggota Inkindo dan Yogyakarta Young Architect forum secara akumulatif selama 2 bulan. Mereka belajar tentang manajemen bisnis arsitektur pada kasus nyata,” kata Dr Yulianto.

BACA JUGA:

Menurut Dr Yulianto, kegiatan semacam ini membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan tidak sedikit mahasiswa langsung mendapat kesempatan bekerja di tempat bekerja praktek sesudah mahasiswa lulus. Hal ini menjadikan indikator waktu tunggu lulusan untuk bekerja menjadi sangat baik.

Secara keseluruhan dalam kurun masa pembelajaran mahasiswa telah terlibat dengan beragam kegiatan pembelajaran, pengabdian masyarakat dan penguatan karakter keprofesian sehingga manakala mereka telah lulus mampu menerapkan kode etik profesi dan Kaidah Tatalaku Arsitek yang telah mereka dapatkan bersama IAI.

“Lulusan telah siap bekerja bersama para arsitek mentor di biro-biro arsitek yang berkoordinasi oleh IAI dan provinsi-provinsi seluruh Indonesia,” kata Dr Yulianto.

Para Asitek baru lulusan Prodi Profesi Arsitek UII foto bersama Wakil Rektor, Dekan FTSP, Ketua Jurusan Profesi Aristek dan tamu undangan. Foto: Humas UII

Sementara Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha SSI MSi mengapresiasi Prodi Profesi Arsitek UII yang berhasil melahirkan tenaga ahli arsitek baru. Ia yakin para lulusan telah memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja setelah mengikuti proses pendidikan profesi dengan standar kurikulum pendidikan profesi yang ada.

Acara Sumpah Keprofesian Arsitek UII kali ini antara lain dihadiri Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Prof Dr Ir Sri Suning Kusumawardani ST MT, Analis Kualifikasi dan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDikti Wilayah V DIY Rahman Hakim SE, Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia yang diwakili oleh Komisi Pengembangan Pendidikan Keprofesian Dr Rony Gunawan Sunaryo, Ketua Ikatasan Arsitektur Indonesia Ar Georgius Budi Yulianto beserta tamu undangan lainnya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *