Prodi Psikologi UII Kembali Raih Juara Umum Nasional Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi

beritabernas.com – Dalam Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) Universitas Islam IV tahun 2023, Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII kembali meraih Juara Umum tingkat nasional.

Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) yang diselenggarakan oleh Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum (IIUCP Forum) ini diadakan secara rutin setiap tahun. Forum yang berdiri sejak 10 tahun yang lalu ini diketuai oleh Dr H Fuad Nashori S.Psi MSi M.Ag Psikolog. Kali ini,, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menjadi tuan rumah KIMPSI Universitas Islam IV-2023 pada 25 Agustus 2023.

“Saya mengucapkan syukur dan selamat kepada delegasi Prodi Psikologi  FPSB atas prestasi yang diraih dalam KIMPSI. Terima kasih juga kepada para dosen pembimbing yang sudah bekerja keras mengarahkan para mahasiswa dalam mempersiapkan acara KIMPSI ini. Alhamdulillah Prodi Psikologi FPSB UII kali ini mendapatkan juara umum. Semoga prestasi ini menambah motivasi kepada para mahasiswa dan dosen untuk bersinergi dalam berkarya secara inovatif dan KIMPSI tahun depan kita masih terdepan. Semoga Allah karuniakan keberkahan untuk kita semua. Aamiin,” kata Dr Phil. Qurotul Uyun SPsi MSi, Dekan FPSB UII, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Jumat 8 September 2023.

Menurut Qurotul Uyun, dalam KIMPSI kali ini UII menyabet 15 piala dengan 1 piala sebagai juara umum, 8 piala sebagai juara emas, 5 perak dan 1 perunggu.

Mahasiswa, Tim Pendamping KIMPSI dan Dekan FPSB UII. Foto: Humas UII

Sementara Presiden IIUCP Assoc. Prof Dr Fuad Nashori mengatakan KIMPSI diadakan bertujuan untuk menyebarkan ilmu yang berbasis kitab suci al Qur’an dan Hadist Nabi di bidang psikologi sebagaimana dikembangkan oleh para ahli.

Selain itu, untuk menghidupkan kerja sama antar universitas Islam, meningkatkan kesiapan perguruan tinggi Islam menghadapi berbagai akreditasi dan sertifikasi (nasional dan internasional) dan mendorong lahirnya calon ilmuwan muslim yang penuh semangat juang dan penuh manfaat di masa depan.

Dalam lomba kali ini ada dua jenis lomba yakni ilmiah dan semi ilmiah. Lomba ilmiah mencakup Psy-Paper, Psy-Proposal, Psy-Intervention, Psy-Infographic dan Psy-Design, Psy-Quiz. Sedangkan lomba semi ilmiah meliputi Psy-Essay, Psy-Movie, Psy-Vlog, Psy-Photography, Psy-Preach, Psy-Qira’ah, dan Psy-Poem. Terdapat dua kategori lomba baru yakni Psy-Poem (semi ilmiah) dan Psy-Quiz (ilmiah).

BACA JUGA:

Menurut Fuad Nashori, sebagian lomba bertema psikologi Islam dan psikologi kontemporer, sementara sebagian lagi hanya bertema psikologi Islam. Keseluruhan lomba dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa/i aktif dari 20 perguruan tinggi anggota IIUCP Forum. “Khusus babak final untuk lomba Psy-Poem dan Psy Quiz dilaksanakan secara luring di universitas penyelenggara KIMPSI 2023,” kata Fuad.

Ketua Prodi Psikologi Program Sarjana Hazhira Qudsyi SPsi M. mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada para mahasiswa, segenap tim dosen pembimbing, beserta seluruh Tim Pendamping KIMPSI atas kerja keras dan cerdasnya  hingga memperoleh juara umum dalam kompetisi mahasiswa antar universitas Islam tersebut. Ia berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa agar dapat semakin melejitkan potensi dan prestasi di masa mendatang.

“Prodi Psikologi UII berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan dan pembinaan bakat minat mahasiswa, dalam berbagai bentuk aktivitas. Upaya ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memaksimalkan potensi untuk mencapai prestasi dalam bidang akademik maupun bidang non-akademik,” imbuh Hazhira Qudsyi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *