210 Siswa dan 50 Guru Sekolah Menengah di DIY Ikuti Festival Pendidikan Kimia di UII

beritabernas.com –Sebanyak 210 siswa dan 50 guru sekolah menengah baik negeri maupun swasta di DIY mengikuti Festival Pendidikan Kimia (Chemistry Education Festival) 2023 di Gedung Kuliah Umum Prof Sardjito Kampus Terpadu UII, pada hari Sabtu 26 Agustus 2023.

Para siswa berasal dari 14 sekolah menengah negeri dan swasta, sementara para guru yang berasal dari 34 sekolah negeri dan swasta di DIY mengikuti Festival Pendidikan Kimia yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UII.

Suasana Festival Pendidikan Kimia di UII. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Festival Pendidikan Kimia atau Chemistry Education Festival 2023 ini diisi dengan berbagai kegiatan yakni pameran produk karya mahasiswa, seminar hasil tugas akhir atau skripsi mahasiswa, pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk guru tingkat SMA dengan pemateri Krisna Merdekawati MPd, pelatihan karya tulis ilmiah untuk siswa tingkat SMA dengan pemateri Muhaimin MSc serta praktik pembuatan sabun cuci tangan.

BACA JUGA:

Wakil Rektor I bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si MSi ketika membuka Festival Pendidikan 2023 mengingatkan para siswa agar tidak terlena oleh budaya mager alias malas gerak, budaya yang hanya mengandalkan HP (handphone) sehingga ketika HP hilang maka otak pun hilang. IT bukan halangan, bukan ancaman tapi peluang untuk bisa dimanfaatkan.

Wakil Rektor I bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si MSi membuka Festival Pendidikan 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Prof Jaka Nugraha, ilmu sains (kimia) bukan sebatas teori, tidak sebatas hafalan, tapi harus dimakanai dan dikontekstualisasi dengan permasalahan di sekitar kita. Bila ilmu dikontekstualiasikan dengan lingkungan sekitar maka para siswa bukan sebagai bagian dari masalah justru menjadi bagian dari oran yang mampu meemecahkan masalah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *