Tambah 18 Doktor Baru, Kini UII Miliki 248 Dosen Bergelar Doktor dan 29 Guru Besar

beritabernas.com – UII menerima 18 doktor baru yang lulus tahun 2022. Dengan demikian, hingga saat ini sebanyak 248 dosen UII bergelar doktor atau 31,95 persen dari total 776 dosen UII yang bergelar doktor. Sementara itu, sebanyak 29 dosen UII yang bergelar akademik profesor atau guru besar.

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, hingga akhir tahun 2022 sebanyak 166 dosen UII yang mengikuti program doktor sehingga diharapkan pada tahun 2023, lebih dari separuh atau sebanyak 53 persen lebih dari total 776 dosen UII bergelar doktor.

Baca juga:

Dari 18 doktor baru yang diterima Kamis 29 Desember 2022, sebanyak 11 orang meraih gelar doktor dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, 6 orang yang meraih gelar doktor dari perguruan tinggi di Jepang dan 1 orang dari perguruan tinggi di Inggris.

Ketua Yayasan Badan Wakaf UII M Suwarsono (kanan) dan Rektor UII Prof Fathul Wahid (kiri) menyerahkan bingkisan kepada doktor baru UII (tengh). Foto: screenshot YouTube UII

“Pada 28 Desember 2022, UII kembali meraih Akreditasi A atau akreditasi unggul secara institusi, semetara 36 program studi (prodi) atu 66,67 persen prodi di UII mendat akreditasi unggul atau akreditasi A. Semua pencapaian ini merupakan hasil kerja kolektif,” kata Rektor UII Prof Fathul Wahid pada acara penyambutan doktor baru UII di Kampus Terpadu UII, Kamis 29 Desember 2022.

Menurut Prof Fathul Wahid, UII terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dari tenaga pendidik yang dimiliki dengan mendorong para dosen untuk meneruskan studi ke jenjang doktoral di berbagai perguruan tinggi ternama dalam negeri dan luar negeri.

Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Drs M Suwarsono. Foto: screenshot YouTube UII

Sementara Ike Agustina S.Psi, M.Psi Psikolog, Direktur Sumber Daya Manusia/Sekolah Kepemimpinan UII, dalam laporannya mengungkapkan, skema dukungan yang semakin beragam terus dikembangkan di level universitas maupun jurusan di UII untuk mendukung persiapan studi lanjut maupun mendorong keberhasilan studi lanjut dosen, mulai dari bantuan untuk peningkatan kemampuan bahasa asing dosen, pendampingan penyusunan proposal disertasi dan pencarian beasiswa hingga dukungan dalam bentuk beasiswa parsial dan beasiswa penuh bagi studi lanjut dosen.

Sedangkan sumber dana yang diperoleh peserta karyasiswa untuk meraih gelar doktor, sebanyak 33% (6 lulusan) mendapatkan beasiswa dari lembaga luar antara lain lembaga pemerintah untuk pendanaan studi di dalam negeri atau luar negeri maupun beasiswa dari Perguruan Tinggi Tempat Studi, sebanyak 22% (4 peserta) menyelesaikan studi dengan menggunakan beasiswa parsial (UII dan lembaga luar UII), 17% (3 orang) mendapatkan beasiswa penuh dari UII dan sebanyak 28% (5 orang) menyelesaikan studi dengan biaya mandiri.

Wakil doktor baru UII menyampaikan sambutan. Foto: screenshot YouTube UII

Dalam menempuh pendidikan doktoral, peserta karyasiswa bebas memilih negara tujuan studi.Pada Tahun 2022 ini, doktor yang lulus terbanyak berasal dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (5 orang), Fakultas Kedokteran, Fakultas  MIPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya masing-masing 3 orang, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam dan Fakultas Teknologi Industri masing-masing 1 orang.

Saat ini dosen UII berjumlah 776 orang. Dari jumlah tersbut, dosen UII yang berpendidikan S3 sejumlah 248 orang (31,95%). Pada tahun 2022 ini terdapat 166 peserta karyasiswa aktif yang masih menyelesaikan studi sehingga jika 166 orang ini pada masanya kelak berhasil menyelesaikan studi doktoral maka jumlah dosen UII berpendidikan S3 akan sejumlah 414 orang atau 53,35%. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *