UII Menerima Hibah Seperangkat Gamelan dan Wayang Kulit dari Keluarga Mujoko Rachmat Soerodirdjo

beritabernas.com – UII menerima seperangkat gamelan dan wayang kulit dari keluarga R Mujoko Rachmat Soerodirdjo, Jumat 13 Oktober 2023. Penyerahan seperangkat gamelan dan wayang kulit itu dilakukan oleh Wahyudi, salah satu cucu dari R Mujoko Rachmat Soerodirdjo dan diterima oleh Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD di Auditorium Lantai 5 Gedung KHA Wahid Hasyim FIAI Kampus Terpadu UII.

Acara penyerahan seperangkat gamelan dan wayang kulit tersebut dimeriahkan dengan pementasan gamelan da dihadiri pejabat dan Dinas Kebudayaan DIY maupun Kabupaten Sleman.

Rektor UII Prof Fathul Wahid mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada keluarga besar R Mujoko Rachmat Soerodirjo yang telah mempercayakan kepada UII untuk mendapatkan hibah seperangkat gamelan dan wayang kulit tersebut.

Wahyudi, salah satu cucu dari R Mujoko Rachmat Soerodirdjo, mewakili keluarga memberikan sambutan pada acara penyerahan hibah gamelan dan wayang kulit kepada UII, Jumat 13 Oktober 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Bahkan UII sudah menyiapkan 66 pengrawit yang terdiri dari 22 dosen, 22 karyawan dan 22 mahasiswa untuk memanfaatkan gamelan dan wayang kulit tersebut. “Saat membuka pengumuman untuk menerima pengrawit di media sosial, hanya dalam waktu beberapa menit sudah banyak yang mendaftar dan memenuhi kuota yang dibutuhkan,” kata Prof Fathul Wahid.

BACA JUGA:

Menurut Prof Fathul Wahid, UII menjunjung tinggi kebudayaan bangsa dan ikut melestarikannya. Bahkan hal itu dilakukan sejak UII berdiri. Untuk melestarikan budaya bangsa tersebut, UII telah mendirikan lembaga kebudayaan Embun Kalimasada yang khusus menangani masalah kebudayaan. Lembaga ini sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan kebudayaan seperti pentas wayang kulit, pameran fotografi dan sebagai.

Sementara Wahyudi, salah cucu dari R Mujoko Rachmat Soerodirjo yang mewakili keluarga, mengatakan, hibah seperangkat gamelan dan wayang kulit kepada UII dilakukan karena keluarga percaya UII bisa memanfaatkan alat tersebut untuk kepentingan masyarakat yang lebih banyak.

Rektor UII Prof Fathul Wahid menyampaikan sambuatan pada acara serah terima seperangkat gamelan dan wayang kulit dari keluarga R Mujoko Rachmat Soerodirdjo, kepada UII, Jumat 13 Oktober 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sebab, selama ini separangkat gamelan dan wayang kulit tersebut hanya disimpan begitu saja tanpa dimanfaatkan. Karena itu, ia berharap setelah dihibahkan kepada UII maka alat tersebut bisa digunakan untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia sekaligus bisa dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas.

Selain pementasan gamelan, dalam acara tersebut juga ditandatangani serahterima seperangkat gamelan dan wayang kulit tersebut antara keluarga R Mujoko Rachmat Soerodirjo yang diwakili dua anak perempuan R Mujoko Rachmat Soerodirdjo dan Rektor UII Prof Fathul Wahid disaksikan oleh pejabat dari Dinas Kebudayaan DIY dan Sleman. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *