UII Sebagai PTS yang Memiliki Jumlah Guru Besar Terbanyak Kedua di DIY

beritabernas.com – UII merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki jumlah Guru Besar atau Profesor terbanyak di wilayah DIY. Bahkan UII menempati urutan kedua terbanyak jumlah dosen dengan jabatan akademik tertinggi yakni Guru Besar/Profesor.

Menurut Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Setyabudi Indarto MM PhD, dari 200 total jumlah Guru Besar/Profesor di 100 lebih PTS di DIY, sebanyak 44 Guru Besar/Profesor atau hampir 25 persen dimiliki UII. Jumlah ini hanya selisih satu Guru Besar dari UMY yang menempati urutan pertama jumlah Guru Besar/Profesor terbanyak dengan jumlah 45 orang.

BACA JUGA:

“Cepat atau lambat, UII akan menempati urutan pertama jumlah Guru Besar terbanyak di antara 100 lebih PTS di DIY. Sebab, masih banyak Dosen UII dengan jabatan Lektor Kepala segera mendapatkan SK Guru Besar dari Kemendikbud Ristek. Bahkan dalam beberapa hari mendatang ada SK pengangkatan Guru Besar bagi Dosen UII,” kata Prof Setyabudi Indarto dalam acara serah terima SK pengangkatan Guru Besar kepada dua dosen FBE UII Johan Arifin SE MSi PhD dan Dr Drs Sutrisno SE MM di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof Dr Sardjito Kampus Terpadu UII, Selasa 2 April 2024 siang.

Rektor UII Prof Fathul Wahid (tengah) menyerahkan SK Guru Besar kepada Johan Arifin (kanan) disaksikan oleh Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Setyabudi Indarto. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Prof Setyabudi Indarto, saat ini dari 100 lebih PTS di DIY ada 200 dosen yang sudah memiliki jabatan akademik Guru Besar/Profesor. Dari 200 Guru Besar di PTS tersebut, sebanyak 45 orang ada di UMY dan 44 orang di UII.

Sementara itu, dalam waktu dekat sejumlah Dosen UII juga akan menerima SK pengangkatan jabatan akademik sebagai Guru Besar sehingga bukan tidak mungkin UII akan menempati peringkat pertama PTS di DIY yang memiliki jumlah Guru Besar terbanyak.

Sementara Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD mengatakan, tahun ini ditargetkan jumlah dosen UII yang menjadi Guru Besar minimal sama dengan tahun 2023 yakni sebanyak 14 orang. Bahkan ia optimis tahun ini bisa lebih banyak dosen UII yang jadi Guru Besar dibanding tahun lalu.

Menurut Prof Fathul Wahid, hingga saat ini UII memiliki 263 dosen berpendidikan doktor (258 NIDN dan 6 NIDK). Kemudian, sebanyak 183 (70 Lektor Kepala dan 113 Lektor) di antaranya telah memiliki jabatan akademik Lektor atau Lektor Kepala dari total 787 dosen UII (263 doktor dan 2 Spesialis-2, 42 Spesialis-1, 480 magister/sederajat).

Rektor UII Prof Fathul Wahid (tengah) menyerahkan SK Guru Besar kepada Dr Drs Sutrisno (kanan) disaksikan oleh Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Setyabudi Indarto. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Johan Arifin SE MSi PhD resmi meraih gelar profesor pada bidang Akuntansi Sektor Publik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12178/M/07/2024. Raihan jabatan akademik tertinngi ini menjadikannya sebagai profesor ke-10 di Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) dan ke-42 secara keseluruhan di lingkungan UII.

Sementara Dr Drs Sutrisno MM yang juga Dosen FBE UII berhasil meraih jabatan akademik Profesor dalam bidang ilmu Manajemen Keuangan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12182/M/07/2024. Capaian ini menjadikannya sebagai dosen ke-11 FBE UII yang berhasil meraih jabatan akademik Profesor dan ke-43 di UII. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *