UNU Yogyakarta dan BPDLH Menerapkan Energi Terbarukan pada Kelompok Batik Bayat Klaten

beritabernas.com – Program Studi Manajemen dan Program Studi Teknik Elektro Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dan BPDLH menerapkan energi terbarukan pada kelompok batik, Bayat, Klaten.

Penerapan energi terbarukan berupa instalasi panel surya sebagai sumber listrik alternatif itu dilakukan Program Studi Manajemen dan Program Studi Teknik Elektro Universitas Nadhlatul Ulama Yogyakarta pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada Sabtu 6 Mei 2023 untuk Paguyuban Batik Tulis Kebon Indah Bayat, Kabupaten Klaten.

Menurut Rifqi Syarif Nasrulloh selaku Ketua Tim Pengadian Masyarakat yang disupport oleh Dana Terra BPDLH pemasangan solar pv pada paguyuban batik tulis kebon indah ini merupakan salah satu upaya mendukung industri batik yang ramah lingkungan dengan zero emission. 

Dosen Prodi Teknik Elektro dibantu mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta memasang Panel Surya pada Paguyuban Batik Tulis Kebon Indah, Bayat, Klaten. Foto: Istimewa

“Penerapan energi listrik melalui surya panel yang ada di batik tulis Kebon Indah merupakan hal yang pertama dan baru diimplementasikan di sini. Belum ada kelompok batik yang menerapkan hal serupa di Indonesia. Tentu saja hal ini bisa menjadi percontohan yang lain agar UMKM industri kreatif lebih memperhatikan lingkungan,” kata Rifqi.

Sementara Dalmini selaku Ketua Pagubuyan Batik Tulis Kebon Indah menyampaikan sangat senang karena dapat membantu paguyuban batik sehingga dapat menggunakan listrik secara lebih efisien dan dana untuk listrik dapat digunakan untuk keperluan yang lain.

Dosen Prodi Teknik Elektro dibantu mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta memasang Panel Surya pada Paguyuban Batik Tulis Kebon Indah Bayat Klaten. Foto: Istimewa

“Panel surya ini diharapkan dapat bermanfaat dil ingkungan masyarakat sehingga dapat membantu penerangan di depan showroom batik,” katanya

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta berterimakasih kepada pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Dana Terra BPDLH selaku donatur dan sponsor utama dari kegiatan ini, Rifqi Syarif Nasrulloh,Dosen Program Studi Manajemen dan Irwan Novianto selaku Dosen Program Studi Teknik Elektro.

Dua mahasiswa Program Studi Manajemen, Aditya Wahyu Pratama, Diyon Saputro, serta 2 mahasiswa  dari Program Studi Teknik Elektro, Rio Ardiansyah dan Akhmad Fakhurrozi, terlibat dalam kegiatan pengabdian ini. (agung budi putrnto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *