Peresmian Posko nDalem Pitakonan, Nguri Uri Kesenian Tradisional Jathilan

beritabernas.com – Suasana malam Minggu, 19 Agustus 2023, di Pedukuhan Pogung Lor, terasa berbeda. Di depan nDalem Pitakonan di RT 02 RW 046 Kalurahan Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, DIY ini terasa semarak dengan pagelaran kesenian tradisional Jathilan. Grup Jathilan Kudho Langendriyo dari Dusun Gandok, Kadilobo, Purwobinangun, Pakem, Sleman khusus diundang untuk tampil di acara peresmian posko ini.

Dyah Puspita Sari, penyelenggara acara ini bermaksud untuk Nguri-uri kebudayaan, khususnya kesenian tradisional Jathilan yang ada di Kabupaten Sleman. Itulah salah satu yang menjadi perhatian tokoh muda di Kabupaten Sleman ini.

Dyah Puspita Sari (ketiga dari kanan) bersama tokoh-tokoh masyarakat Pogung Lor dan masyarakat menyaksikan pagelaran Jathilan. Foto: Dok pribadi

“Kami menggelar acara Jatilan ini juga untuk melestarikan kesenian tradisional, khususnya Jathilan yang ada di wilayah Sleman ini,” tutur Pita, panggilan akrab Dyah Puspita Sari, pemilik posko nDalem Pitakonan.

Masyarakat sekitar sangat antusias menyaksikan pagelaran Jathilan ini. Hadir selain warga sekitar, juga keluarga besar, ketua-ketua RT, RW, pemangku dan kepala Dusun Pogung Lor, beberapa anggota legislatif Kabupaten Sleman, seperti Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta SIP yang memberi sambutan dan Anggota DPRD Sleman Dedie Kusuma SE serta tokoh masyarakat dan ormas-ormas.

Sebelum pagelaran jathilan dimulai, pada sore hari diadakan pengajian di tempat yang sama, yang antara lain dihadiri Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE dan Anggota DPR RI MY Esti Wijayati

BACA JUGA:

Dalam penyelenggaraan acara ini Pita, bekerjasama dengan pemuda pemudi dan tokoh masyarakat di Pedukuhan Pogung Lor. Acara berlangsung meriah dan lancar. “Alhamdulilah acara berjalan lancar dari awal sampai akhir,” ungkap Pita. Ia mengaku bahagia acara telah berjalan sesuai rencana, tanpa halangan apa pun.

Grup Jatilan Kudho Langendriyo tengah mempergelarkan kesenian Jathilan, yang disambut antusias masyarakat Pogung Lor. Foto: Dok pribadi

Caleg PDIP untuk DPRD Tingkat II Kabupaten Sleman ini ke depan akan menggelar seni budaya khususnya yang ada di Kabupaten Sleman. “Tidak hanya Jathilan, juga bentuk kesenian tradisional yang lain,” ujar Pita.

Sedang nDalem Pitakonan sendiri, adalah nama┬áPosko Aspirasi yang siap menampung keluhan masyarakat di bawah PITAkonan. “Ini bahasa Jawa, artinya bertanya terus,” jelas Pita. (Anton Sumarjana)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *