Yayasan Rumah Impian Indonesia Mendirikan Forum Anak Rumah Impian

beritabernas.com – Yayasan Rumah Impian Indonesia mendirikan Forum Anak Rumah Impian. Forum ini sebagai wadah bagi anak-anak dampingan Yayasan Rumah Impian Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah DIY untuk mengadakan kegiatan rutin.

Pada Sabtu, 26 Agustus 2023, Forum Anak Yayasan Rumah Impian bertemu di Rusunawa Jogoyudan, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta yang difasilitasi oleh pihak RW 12 Jogoyudan.

Dalam pertemuan tersebut hadir 16 anak dari 5 wilayah dampingan Yayasan Rumah Impian Indonesia. Mereka datang dari Tukangan, Sidomulyo, Tlukan, Wonocatur dan Jogoyudan. Lima dampingan ini memiliki karateristik lingkungan yang berbeda, sehingga sangat berpengaruh terhadap permasalahan anak dalam lingkungan masyarakat.

Pertemuan kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak mengenai 4 hak dasar anak. Diskusi yang seru terjadi mengenai hak apa yang sudah mereka dapatkan dan apa yang akan mereka lakukan jika hak tersebut tidak terpenuhi.

Ekspresi anak-anak di Forum Anak Rumah Impian. Foto: Istimewa

Melihat antusiasme anak-anak dan hasil dari diskusi dalam forum, bisa disimpulkan bahwa forum anak adalah wadah yang efektif untuk mendorong partisipasi anak dalam memahami hak-hak dasarnya. Forum ini juga bermanfaat untuk membina anak-anak menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati dan berdaya yang akan membentuk masa depan yang lebih cerah.

Anak-anak bukan hanya masa depan. Mereka adalah keberadaan yang relevan hari ini. Dalam upaya membangun dunia yang lebih adil dan inklusif, mari bersatu dalam memberikan anak-anak hak untuk berbicara, mendengar dan bertindak.

Dengan mendirikan forum seperti Forum Anak Yayasan Rumah Impian Indonesia, kita merajut harapan, membuka peluang dan membimbing anak-anak menjadi pemimpin masa depan yang peduli dan bertanggung jawab. Bersama-sama, kita bisa membangun masyarakat di mana suara-suara muda dihargai, dihormati, dan memiliki kekuatan untuk mengubah dunia

Aktivitas anak-anak di Forum Anak Rumah Impian. Foto: Istimewa

Bukan kemewahan

Partisipasi anak bukanlah kemewahan tetapi hak asasi yang harus dijaga dan dipromosikan. Mendirikan forum di mana anak-anak dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi tentang hak mereka adalah cara yang kuat untuk mencapai hal ini. Ketika kita mendengarkan anak-anak, menghormati pendapat mereka dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, kita tidak hanya menghormati hak mereka tetapi juga membina individu yang bertanggung jawab, berempati dan berdaya yang akan membentuk masa depan yang lebih cerah untuk semua.

Sebagai orang dewasa, tanggung jawab kita adalah menciptakan ruang-ruang ini bagi anak-anak, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan bertindak atas rekomendasi mereka. Dengan melakukan hal ini, kita tidak hanya mempromosikan partisipasi anak tetapi juga membuka jalan menuju masyarakat yang lebih adil dan inklusif di mana suara setiap anak dihargai dan didengar. (Sammy Ladh, Pendiri Yayasan Rumah Impian Indonesia


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *