Dukung Program Penanaman 1.000 Pohon di Wonogiri, WKRI Sleman Sumbang Pohon Langka

beritabernas.com – Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Sleman menyumbang sekaligus menanam sejumlah jenis pohon langka guna mendukung program penanaman 1.000 pohon yang dilakukan Paroki Danan Desa Sendangagung, Kecamatan Giromoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Minggu 7 Januari 2024.

Sejumlah pohon langka yang disumbang dan langsung ditanam oleh pengurus WKRI Cabang Sleman di sekitar Gua Mari Ratu Kenyo, Paroki Danan Desa Sendangagung, Kecamatan Giromoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah tersebut adalah bibit pohon Nyamplong, Gayam, Putat, Kumprit, Krasak/Rempelas, Kaban, Ringin dan sebagainya.

Wahyudi, mantan tenaga penyuluh pertanian dan kehutanan yang mendampingi Pengurus WKRI Cabang Sleman dalam kegiatan penanaman pohon di Gua Maria Ratu Kenyo Wonogiri kepada beritabernas.com, Senin 8 Januari 2024, mengatakan, jenis tanaman langka yang dipilih untuk mendukung program penanaman 1.000 pohon yang diinisiasi Pastor Paroki Danan Girimoyo, Wonogiri Romo Agung tersebut merupakan jenis tanaman langka pilihan yang mampu menyerap air.

Bibit tanaman langka tersebut diperoleh dari Dinas Kehutanan Provinsi DIY yang ada di Gunung Kidul. “Kebetulan saya dulu tenaga penyuluh kehutanan di Dinas Kehutanan maka saya bisa mendapatkan bibit tanaman langka tersebut. Kebetulan WKRI Sleman diundang untuk ikut dalam program penanaman 1.000 pohon di Paroki Danan maka saya mendampingi WKRI Sleman dan menyumbangkan sekaligus ikut menanam langsung tanaman langka tersebut guna mendukung program yang dicanangkan Paroki Danan,” kata Wahyudi.

Ketua WKRI Cabang Sleman Dra Restituta Sri Widiastuti SE Ak CA (kanan) menanam secara simbolis pohon langka di sekitar Gua Maria Ratu Kenyo Girimoyo, Wonogiri, Minggu 7 Januari 2024. Foto: Dok WKRI

Dikatakan, jenis tanaman langka yang ditanam oleh ibu-ibu pengurus WKRI Sleman sangat bagus dan mampu menyerap air. Penanaman pohon langka yang mampu menyerap air tersebut merupakan bentuk dukungan WKRI Sleman untuk ikut menjaga ekosistem lingkungan.

Menurut Wahyudi, dalam satu dua tahun tanaman tersebut akan terlihat rimbun dan daerah yang ditanami akan semakin sejuk dan memiliki sumber air yang melimpah.

BACA JUGA:

Sementara Ketua WKRI Cabang Sleman Dra Restituta Sri Widiastuti SE Ak CA mengatakan, penanaman pohon langka di Gua Maria Ratu Kenyo Wonogiri oleh WKRI Cabang Sleman selain untuk mendukung program penanaman 1.000 pohon di paroki tersebut, juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati satu abad atau 100 tahun usia WKRI.

“Ini momen yang tepat. Selain ada program penanaman 1.000 pohon di Paroki Danan, WKRI juga memperingati usia 100 tahun dan WKRI Cabang Sleman berpartisipasi dalam program tersebut dengan menyumbang jenis tanaman langka yang mampu menyerap air. Kegiatan ini juga sebagai rangkaian memperingati usia satu abad WKRI,” kata Bu Tuta-sapaan akrab Dr Restituta Sri Widiastuti SE Ak CA.

Selain menyumbang sekaligus ikut menanam tanaman langka tersebut, rangkaian kegiatan memperingati 100 tahun WKRI juga akan diisi dengan seminar yang akan diadakan di Kampus USD Mrican dan puncak acara pada 29 Juni 2024. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *