Ikatan Keluarga Samawa Peringati HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa NTB

beritabernas.com – Ikatan Keluarga Samawa Jogja-Jawa Tengah melaksanakan kegiatan sebagai rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB di Gedung DPD DIY Jalan Kusumanegara Yogyakarta, pada Minggu 4 Pebruari 2024. HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa jatuh pada 22 Januari 2024.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh dari Kabupaten Sumbawa, NTB, seperti Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV, Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah, Pj Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, Anggota DPD RI dari DIY Afnan Hadikusumo dan budayawan Sumbawa Taufik Rahzen.

Ketua Ikatan Keluarga Samawa (IKS) Jogja-Jateng Zainal Abidin mengucapkan terima kasih kepada Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV dan Bupati Sumbawa Drs H.Mahmud Abdullah serta para hadirin keluarga Sambawa yang datang dari DIY dan beberapa kota di Jawa Tengah.

Gebyar HUT ke 65 Kabupaten Sumbawa dihadiri oleh Sultan Sumbawa M. Kaharuddin dan Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah. Foto: Ari Rheno Prakosa/beritabernas.com

“Ada yang datang dari Solo, Semarang, Magelang, Grobogan, Pekalongan, Purwokerto dan daerah lainnya. Ini luar biasa untuk membuat kita semakin solid dan erat dalam membentuk ikatan keluarga,” kata Zainal Abidin.

Zainal mengatakan bahwa diaspora yang tinggal di kota Yogyakarta salah satunya adalah dari Sumbawa, NTB dan kita bisa diterima dengan baik oleh Sultan Hamengkubuwono X serta masyarakat Yogyakarta. Karena kita menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal budaya di Yogyakarta.

Sementara Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah mengatakan bahwa dengan adanya acara Gebyar HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa ini bisa mempererat hubungan yang kuat antara Sumbawa dan Yogyakarta. “Mari bersinergi untuk memajukan budaya dan seni Nusantara serta meningkatkan potensi pariwisata,” kata Mahmud Abdullah. 

BACA JUGA:

Kabupaten Sumbawa memiliki potensi wisata unggulan di antaranya Istana Dalam Loka, Pulau Moyo, Taman Wisata Alam Semongkat, Liang Petang Desa Batu Tering, desa wisata Batu Dulang dan Wisata Hiu Paus Teluk Saleh.

“Semoga destinasi wisata unggulan Sumbawa juga bisa dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta,” imbuh Mahmud Abdullah.

Sultan Sumbawa M Kaharuddin sangat bangga dengan adanya kegiatan ini. “Saya bangga karena meskipun di perantauan masih memiliki semangat untuk mengenalkan dan mencintai seni budaya Sumbawa,” ujar M Kaharuddin seraya mengajak hadirin untuk saling mendukung demi kemajuan daerah dan menjunjung warisan budaya dan kearifan lokal.

Ketua Ikatan Keluarga Samawa Jogja – Jateng Zainal Abidin mengucapkan terima kasih atas kedatangan Sultan Sumbawa dan Bupati Sumbawa. Foto: Ari Rheno Prakosa/beritabernas.com

Di Sumbawa juga banyak etnis hidup berdampingan dengan rukun dan ada enam agama. Ini membuktikan bahwa kota Sumbawa juga sebagai salah satu kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan keberagaman.

Acara ini juga memberikan Gelar Warga Kehormatan Sumbawa kepada HM Afnan Hadikusumo dengan gelar Pasa Totang Dewa Maraja. Selanjutnya ada potong tumpeng oleh Sultan Sumbawa M Kaharuddin IV dan diterima oleh Prof Wiwiek Rabiatul Adawiyah MSc PhD. 

Orasi HUT ke 65 Kabupaten Sumbawa disampaikan oleh budayawan Sumbawa Taufik Rahzen. Acara HUT ke 65 Kabupaten Sumbawa ini juga dimeriahkan dengan kesenian Sakeco dan pentas seni budaya Sumbawa. (Ari Rheno Prakosa)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *